Formasi Baru Juventus Manfaatkan Lebar 68 Meter Lapangan

By Septian Tambunan - Senin, 23 Januari 2017 | 08:01 WIB
Penyerang Juventus, Paulo Dybala (kiri), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Lazio dalam laga Serie A di Juventus Stadium, Turin, Italia, 22 Januari 2017.
MARCO BERTORELLO/AFP
Penyerang Juventus, Paulo Dybala (kiri), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Lazio dalam laga Serie A di Juventus Stadium, Turin, Italia, 22 Januari 2017.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, tampil berani dengan menerapkan formasi baru ketika timnya menang 2-0 atas Lazio di Juventus Stadium, Minggu (22/1/2017).

Gol Juventus dicetak oleh Paulo Dybala (menit ke-5) dan Gonzalo Higuain (16'). Dua penyerang asal Argentina itu bisa bermain bersama dengan Mario Mandzukic karena Allegri menerapkan formasi berbeda. 

Dari 137 pertandingan membesut Juventus, Massimiliano Allegri baru saja melakukan debut memakai formasi 4-2-3-1. Dia juga untuk pertama kalinya pada musim ini memainkan Mandzukic, Higuain, dan Dybala secara bersamaan.

Terkait strategi anyar tersebut, Allegri mempunyai penjelasan.

"Setelah sesi latihan, saya berkata pada diri sendiri harus mengubah sesuatu, dan saya melakukannya. Kemampuan para pemain memungkinkan kami untuk menggunakan formasi ini," kata Allegri dalam situs resmi klub.

"Pertandingan ini tepat untuk menguji perubahan formasi, tetapi bukan berarti kami akan selalu menggunakannya. Para pemain layak mendapat kredit atas performa gemilang mereka," ucap Allegri lagi.

Baca Juga:

Allenatore berusia 49 tahun ini pun memuji peran tiga pemainnya, yakni Mandzukic, Marko Pjaca, dan Miralem Pjanic. Mandzukic harus melupakan egonya sebagai striker ketika dipadang di posisi sayap kiri.

Pjaca menggantikan tugas Mandzukic pada menit ke-87 saat sang striker kembali menjadi ujung tombak. Adapun Pjanic mengontrol permainan dari lini tengah.

"Mandzukic tampil brilian di sisi kiri dan posisi tersebut juga bisa ditempati oleh Pjaca yang bermain dengan sangat baik ketika masuk pada babak kedua, serta mampu menciptakan beberapa peluang. Pjanic juga bermain sangat bagus," ujar Allegri.



Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Juventus.com

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X