Persaingan Generasi Baru Tenis Dunia, Siap Gantikan The Big Four

By Minggu, 15 Januari 2017 | 06:20 WIB
(Kiri-kanan): Dominic Thiem, Nick Krygios, dan Alexander Zverev, sederatan bintang muda di Australia Terbuka 2017.
GETTY IMAGES
(Kiri-kanan): Dominic Thiem, Nick Krygios, dan Alexander Zverev, sederatan bintang muda di Australia Terbuka 2017.

Bisa jadi Australia Terbuka 2017 akan menjadi edisi terbaru persaingan di tenis putra dunia. Setelah 11 tahun dominasi The Big Four (Roger Federer, Rafael Nadal, Novak Djokovic, dan Andy Murray) menguasai panggung grand slam, bukan tak mungkin grand slam Asia Pasifik kali ini menjadi awal kompetisi dengan petenis-petenis anyar.

Penulis: Dede Isharrudin

Lihat saja dari empat unggulan teratas putra di Melbourne Parks tahun ini. Jika tahun lalu hanya Rafa yang tidak masuk daftar, kini Roger pun tersingkir.

Muncul dua nama pengganti, Milos Raonic dan Stan Wawrinka.

Meski usia Stan, 31 tahun, hanya beda tipis dengan Andy dan Nole yang berumur 29 tahun, namun itulah empat besar terkini yang menjanjikan persaingan akan lebih menarik.

Harus diakui, sulit untuk menyamai prestasi yang ditorehkan The Big Four dalam satu dekade terakhir. Sejak Prancis Terbuka 2005 dan 47 grand slam sudah digelar, empat seteru itu menguasai 42 gelar.

Hanya lima gelar turnamen utama itu yang lepas ke tangan petenis lain, yakni Stan (3), Juan Martin del Potro (1), dan Marin Cilic (1). Gelar grand slam baru lepas dari tangan The Big Four terjadi setelah 2014.

"Hal lain yang membuat kiprah The Big Four sulit diulang adalah usia tiga pemain utamanya sudah mendekati batas. Namun, itu hal yang lumrah terjadi, dan mungkin sudah saatnya kita menyambut era tenis dengan wajah-wajah yang baru," jelas George Bellshaw, bos ATP Media yang dikutip dari telegraph.co.uk.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.733


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.