Sepak Bola Nusa Tenggara Timur Nyaris Terlupakan

By Kamis, 12 Januari 2017 | 04:33 WIB
Penyerang Yabes Roni (11) dan Silvio Escobar merayakan gol tunggal Bali United ke gawang PS Polri di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (27/3/2016).
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET
Penyerang Yabes Roni (11) dan Silvio Escobar merayakan gol tunggal Bali United ke gawang PS Polri di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (27/3/2016).

Saat Yabes Roni Malaifani mencuat di pentas sepak bola nasional, tidak ada yang menyangka ia berasal dari Kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Persoalannya, Alor dan NTT jarang disentuh PSSI karena minim melahirkan pesepak bola nasional.

Penulis: Gonang Susatyo

Padahal, NTT sebelumnya pernah melahirkan salah satu legenda sepak bola Tanah Air. Dialah Sinyo Aliandoe, mantan pemain dan pelatih nasional sepak bola Indonesia.

Almarhum yang pernah nyaris membawa Indonesia ke Piala Dunia 1986 bila tidak disingkirkan Korea Selatan (0-2, 1-4) di babak play-off ini merupakan putra asli Larantuka, Flores Timur, NTT.

Untuk mengenang almarhum, Larantuka pernah menggelar Sinyo Aliandoe Memorial Cup (SAMC) pada Juli 2016.

“NTT sesungguhnya memiliki potensi besar di sepak bola. Banyak mutiara terpendam di daerah-daerah,” ungkap Sekretaris Umum (Sekum) Asprov PSSI NTT, Lambertus Ara Tukan.

"Banyak anak yang selalu bermain bola di lapangan-lapangan. Antusiasme masyarakat untuk menonton pertandingan sepak bola juga sangat tinggi," ujarnya.

NTT punya potensi yang luar biasa. Daerah tersebut sesungguhnya bisa menjadi gudang pemain sepak bola bertalenta seperti Papua atau Maluku.

Yabes Roni, yang membela Bali United pada TSC 2016, adalah contoh bakat alam tersebut. Hanya, Lambertus mengakui bahwa bakat semata tentunya tidak cukup.

Baca Juga:


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.