Berikan Gelar ke Chapecoense, Atletico Nacional Dianugerahi 'Fair Play Award'

By Ade Jayadireja - Selasa, 10 Januari 2017 | 13:00 WIB
Chairman Atletico Nacional, Juan Carlos de la Cuesta, menerima FIFA Fair Play Award dari Carles Puyol pada FIFA Gala, Senin (9/1/2017).
FABRICE CORRINI/AFP
Chairman Atletico Nacional, Juan Carlos de la Cuesta, menerima FIFA Fair Play Award dari Carles Puyol pada FIFA Gala, Senin (9/1/2017).

Kemurahan hati Atletico Nacional membuahkan penghargaan FIFA Fair Play pada malam seremoni The Best FIFA Football Awards 2016 di Zurich, Senin (9/1/2017) malam.  

Penghargaan tersebut tak lepas dari sikap Atletico pada final Copa Sudamericana 2016.

Klub asal Kolombia itu sedianya harus bertanding pada dua laga final melawan Chapecoense. Namun, Chapecoense mengalami kecelakaan pesawat terbang dalam perjalanan ke Kolombia dan kehilangan sebagian besar pemainnya, akhir November 2016.

Mengingat kondisi lawan, Atletico lantas meminta kepada Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) untuk memberi gelar kepada Chapecoense. Klub asal Brasil itu pun didaulat menjadi juara Copa Sudamericana 2016.

Sikap Atletico itu mendapat pujian dari sejumlah kalangan, termasuk ketika dianugerahi "Conmebol Centenario Fair Play". Puncaknya, FIFA memberi penghargaan kepada klub yang dibentuk pada 1947 itu.

Baca juga:

"Kesedihan juga dirasakan kami atas musibah tersebut. Karena itulah, dewan direksi, pemilik, dan organisasi klub ini memutuskan untuk memberi gelar kepada Chapecoense," kata chairman klub, Juan Carlos de la Cuesta, dilansir dari situs resmi FIFA.

"Kami ingin memberi mereka secercah harapan dalam situasi tragedi seperti itu. Seluruh masyarakat Kolombia ikut merasakan kesedihan seperti halnya rakyat Brasil," tuturnya lagi.

Menurut De La Cuesta, pihaknya masih memiliki hubungan baik dengan manajemen Chapecoense. Bersama juara Copa Libertadores, dua klub itu akan mengadakan turnamen khusus untuk solidaritas dan persaudaraan di sepak bola.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : kompas.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.