Coutinho Hentikan Dominasi Neymar dalam Perebutan Samba Gold 2016

By Verdi Hendrawan - Minggu, 1 Januari 2017 | 12:24 WIB
Pemain tim nasional Brasil, Philippe Coutinho, menjalani sesi latihan di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Rabu (9/11/2016).
EVARISTO SA/AFP
Pemain tim nasional Brasil, Philippe Coutinho, menjalani sesi latihan di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Rabu (9/11/2016).

Gelandang Liverpool, Philippe Coutinho, berhasil mematahkan dominasi striker Barcelona, Neymar Junior, dalam berebutan gelar Samba Gold untuk edisi 2016.

Samba Gold merupakan penghargaan bagi para pemain sepak bola Brasil yang berkompetisi di Eropa. Penghargaan ini diinisiasi oleh media olah raga ternama di Brasil, Sambafoot.

Pemilihan siapa pemain Brasil yang paling layak mendapat gelar yang memiliki nama lain Samba d'Or ini ditentukan oleh para jurnalis, pesepak bola profesional, dan pemungutan suara dari suporter melalui secara online.

Pada edisi 2016 ini, Coutinho berhasil meraih 32,13 persen suara. Pemain berusia 24 tahun itu berhasil mengungguli dua pesaing terdekatnya, Neymar (27,88 persen) dan gelandang Real Madrid, Casemiro (13,35 persen).

Suara terbanyak Coutinho datang dari pemungutan suara yang dilakukan suporter. Sedangkan para jurnalis dan sesama pemain sepak bola lebih memilih Neymar sebagai yang terbaik.

Baca Juga:

Pemberian penghargaan ini suda dilakukan sejak 2008. Dalam delapan tahun, baru ada enam pemain yang berhasil meraih gelar ini.

Pemain Brasil pertama yang berhasil meraih gelar Samba Gold pada edisi 2008 adalah Ricardo Kaka. Setelah itu, gelar ini diraih Luis Fabiano (2009), Douglas Maicon (2010), Thiago Silva (2011, 2012, 2013) Neymar (2014, 2015) dan Coutinho.

Pada sepanjang 2016, Coutinho berhasil mengemas 13 gol untuk Liverpool dan lima bagi tim nasional Brasil. Jumlah ini sangat jauh jika dibandingkan dengan Neymar yang telah mencetak 21 gol untuk Barcelona dan delapan bagi Brasil dalam satu tahun kalender.

Berikut daftar raihan suara Samba Gold 2016:


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Sambafoot


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.