Argentina Raih Gelar Perdana Piala Davis

By Pipit Puspita Rini - Senin, 28 November 2016 | 15:45 WIB
Tim Piala Davis Argentina (kiri-kanan), Leonardo Mayer, Guido Pella, Federico Delbonis, Juan Martin del Potro, dan kapten Daniel Orsanic, berpose dengan trofi juara setelah atas Kroasia pada babak final Piala Davis 2016 di Arena Zagreb, Zagreb, Minggu (27/11/2016).
AFP PHOTO
Tim Piala Davis Argentina (kiri-kanan), Leonardo Mayer, Guido Pella, Federico Delbonis, Juan Martin del Potro, dan kapten Daniel Orsanic, berpose dengan trofi juara setelah atas Kroasia pada babak final Piala Davis 2016 di Arena Zagreb, Zagreb, Minggu (27/11/2016).

Argentina menjari juara Piala Davis untuk kali pertama setelah menundukkan Kroasia 3-2 pada laga final di Zagreb yang berlangsung tiga hari, 25-27 November.

Pada hari ketiga laga final di lapangan semen Arena Zagreb, Minggu (27/11/2016), Argentina meraih dua kemenangan dari nomor tunggal melalui Juan Martin del Potro dan Federico Delbonis.

Argentina dalam posisi tertinggal 1-2 ketika Del Potro menundukkan Marin Cilic pada partai pertama hari Minggu dengan 6-7(4), 2-6, 7-5, 6-4, 6-3.

Kemengan Del Potro setelah sempat tertinggal dua set menjadi titik kebangkitan sekaligus api penyemangat buat tim Argentina. Kedudukan berubah imbang 2-2 dan partai kelima menjadi penentu.

"Saya sangat senang bisa memenangi pertandingan penting untuk tim saya. Saya selalu berpikir positif sepanjang pertandingan dan tidak mau menyerah setelah tertinggal dua set," kata Del Potro seusai pertandingan.

"Ini merupakan pertandingan melelahkan dan salah satu kemenangan terbesar dalam karier saya," ujar Del Potro menambahkan.

Del Potro juga menyumbang kemenangan saat turun pada partai tunggal kedua, Jumat (25/11/2016). Kemenangan tersebut mengubah kedudukan kedua negara menjadi imbang 1-1.

Pada partai kelima atau penentuan, Delbonis ditunjuk kapten Daniel Orsanic untuk mewakili Argentina dan akan menghadapi pemain senior Kroasia, Ivo Karlovic.

Delbonis tampil percaya diri meski kalah pengalaman. Dia akhirnya memastikan Argetina membawa pulang trofi Piala Davis untuk kali pertama setelah menang 6-3, 6-4, 6-2.

"Apa yang dilakukan Del Potro luar biasa. Dia mewakili negaranya dengan penuh kebanggaan dan dia juga menunjukkan bahwa dia pemain yang bagus," kata Orsanic.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : DAVIS CUP


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X