Perbandingan Efisiensi Tendangan Bebas Ronaldo dan Messi

By Beri Bagja - Jumat, 18 November 2016 | 09:01 WIB
Momen Cristiano Ronaldo (kiri) mengeksekusi tendangan bebas dalam partai final Liga Champions antara Real Madrid versus Atletico Madrid di Stadion Da Luz, Lisabon, 24 Mei 2014.
ALEX LIVESEY/GETTY IMAGES
Momen Cristiano Ronaldo (kiri) mengeksekusi tendangan bebas dalam partai final Liga Champions antara Real Madrid versus Atletico Madrid di Stadion Da Luz, Lisabon, 24 Mei 2014.

Siapa yang lebih hebat dalam eksekusi tendangan bebas? Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi? Keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Perbandingan kemampuan antara Ronaldo (31) dan Messi (29) seolah tak ada habisnya, termasuk soal skill menembak dari situasi free-kick.

Kedua megabintang itu bisa disertakan ke dalam jajaran eksekutor tendangan bebas terbaik di kolong langit.

Secara total, statistik menunjukkan Ronaldo lebih unggul dari koleganya asal Argentina tersebut.

CR7 lebih sering bikin gol lewat free-kick sepanjang karier, yakni 47 kali atau mencakup 8,36 persen total golnya di level klub dan tim nasional.

Jumlah itu terbagi ke dalam kiprahnya bersama Manchester United (2003-2009), Real Madrid (2009-...), dan Portugal (2003-...).


Cuplikan data yang menunjukkan persebaran gol Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dari tendangan bebas untuk klub dan timnas masing-masing. Data diperbarui per 15 November 2016.(DOK. MICHAELACOSTA.COM)

Adapun Messi melahirkan 29 gol dari tendangan bebas untuk Barcelona (2004-...) dan timnas Argentina (2005-...).

Angka 29 gol itu cuma mencakup 5,51 persen total gol yang dia ciptakan sepanjang karier senior. Namun, efisiensi Messi justru lebih menonjol belakangan daripada Ronaldo.

Dalam 3 musim terakhir untuk Barcelona, Messi mencetak 9 gol dari tendangan bebas. Di level timnas, ia juga bikin 3 gol free-kick setahun ke belakang.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Opta, Sport.es, Michaelacosta.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.