Dahsyatnya Formasi 3-4-3 Racikan Conte di Chelsea

By Theresia Simanjuntak - Selasa, 8 November 2016 | 21:15 WIB
Manajer Chelsea, Antonio Conte, memeluk Marcos Alonso setelah pertandingan melawan Everton berakhir di Stamford Bridge pada 5 November 2016.
JULIAN FINNEY/GETTY IMAGES
Manajer Chelsea, Antonio Conte, memeluk Marcos Alonso setelah pertandingan melawan Everton berakhir di Stamford Bridge pada 5 November 2016.

Antonio Conte sepertinya telah menemukan skema terbaik di Chelsea. Formasi 3-4-3 racikan manajer asal Italia itu telah berdampak dahsyat bagi hasil The Blues belakangan ini pada Premier League 2016-2017.

Setelah mencoba taktik empat bek pada enam pekan perdana liga musim ini, Conte kembali ke strategi tiga bek. Taktik tersebut sukses ia terapkan selama melatih Juventus (2011-2014) dan tim nasional Italia (2014-2016).

Bedanya, tidak seperti di Juve dan Italia di mana Conte menerapkan 3-5-2, pelatih berusia 47 tahun itu memilih 3-4-3 di Chelsea. Formasi tersebut mulai digunakan pada laga kemenangan 2-0 atas Southampton (1/10).

Setelah raihan positif tersebut, Conte konsisten menggunakan pola 3-4-3 dalam gim-gim Premier League berikutnya. London Biru tampil dahsyat.

Semua liga partai Premier League dengan pola 3-4-3 sukses dimenangkan. Padahal, yang dihadapi di atas kertas bukan lawan enteng, seperti juara bertahan Leicester City (15/10), rival bebuyutan Manchester United (23/10), dan terakhir Everton.

Tiga rival yang disebut tadi bahkan dibantai dengan skor telak. Leicester kemasukan tiga gol, United empat gol, dan Everton lima gol.

Baca Juga:

Dengan pola 3-4-3, Chelsea bukan hanya menjelma sebagai kekuatan menakutkan yang haus gol, tapi juga pertahanan yang amat tangguh. Mereka tidak menderita satu gol pun dalam lima laga terakhir Premier League.

Sungguh suatu catatan yang berbanding terbalik dengan enam penampilan perdana Premier League musim ini di mana Chelsea cuma menang tiga kali, mencetak hanya 10 gol, dan kebobolan sembilan gol.

Posisi Chelsea di klasemen pun meningkat. Sebelum menggunakan pola 3-4-3, mereka berada di peringkat 8 klasemen. Sekarang, Chelsea berada di urutan kedua dengan 25 angka, cuma berbeda satu poin dari pemuncak klasemen, Liverpool.



Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : -

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X