Bunga Poppy Masih Terlarang untuk Timnas Inggris

By Ferril Dennys Sitorus - Selasa, 1 November 2016 | 15:45 WIB
 : Pemain membentuk lingkaran dalam peringatan Remembrance Day dengan bunga poppy diletakan di tengah lapangan dalam pertandingan Premier League antara Sunderland dan Arsenal di Stadium of Light, Sabtu (29/10/2016).
Lindsey PARNABY / AFP
: Pemain membentuk lingkaran dalam peringatan Remembrance Day dengan bunga poppy diletakan di tengah lapangan dalam pertandingan Premier League antara Sunderland dan Arsenal di Stadium of Light, Sabtu (29/10/2016).

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) sedang melakukan pembicaraan dengan FIFA terkait pemakaian emblem bunga poppy pada seragam Wayne Rooney dan kawan-kawan saat tampil pada bababk kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Skotlandia di Wembley pada 11 November 2016.

Bunga poppy merupakan simbol peringatan terhadap pahlawan Inggris yang gugur pada Perang Dunia I, yang berakhir pada 11 November 1918. Pada saat itu, Jerman dan Inggris adalah lawan.

Hari mengenang para pahlawan itu dikenal dengan nama Remembrance Sunday. Remembrance Sunday diperingati setiap hari Minggu kedua bulan November. Tahun ini, Remembrance Sunday akan jatuh pada tanggal 13 November.

Sebagai bagian peringatan, tim nasional Inggris ingin memakai emblem bunga poppy pada pertandingan itu. Akan tetapi, FIFA melarang pemakaian bunga poppy.

FIFA menekankan bahwa tidak ada politik, agama, dan pesan komersial yang tampak di kemeja.

Meski begitu, FA akan berdiskusi dengan FIFA soal larangan ini. FA juga ingin mengetahui hukuman apa yang diterima jika mereka tetap mengenakan bunga poppy tanpa izin FIFA.

FA pernah sukses melobi FIFA saat mendapatkan larangan mengenakan bunga poppy pada laga persahabatan melawan Spanyol pada November 2011.

Larangan FIFA tersebut menuai protes dari publik Inggris, termasuk Perdana Menteri David Cameron dan Pangeran William.

Cameron dan William menghubungi FIFA untuk membicarakan masalah bunga poppy dan tercapailah kata sepakat, yaitu pemain Inggris akan mengenakan ban hitam di lengan, dihiasi satu bunga poppy.

Terus mendapatkan desakan, FIFA akhirnya memberikan izin pemakaian bunga poppy.


Editor :
Sumber : ESPN FC, BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X