Juventus Bukan Hanya Kekasih Turin

By Senin, 31 Oktober 2016 | 12:12 WIB
Presiden Juventus, Andrea Agnelli, saat timnya menghadapi Torino dalam pertandingan Serie A 2015-2016 di Stadio Olimpico, Turin, Italia, pada 20 Maret 2016.
VALERIO PENNICINO/GETTY IMAGES
Presiden Juventus, Andrea Agnelli, saat timnya menghadapi Torino dalam pertandingan Serie A 2015-2016 di Stadio Olimpico, Turin, Italia, pada 20 Maret 2016.

Selain I Bianconeri (Si Putih-Hitam), La Vecchia Signora (Si Nyonya Tua), Le Zebre (Zebra), Juventus juga memiliki julukan Fidanzata d’Italia alias Kekasih Italia.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Tentu bukan tanpa sebab publik Negeri Spageti melabeli Juve dengan sebutan prestisius tersebut. Juve memang layak mendapatkannya.

Adalah Keluarga Agnelli yang memprakarsai kemunculan julukan tersebut, seiring keputusan mereka mengoperasikan klub Juventus pada medio 1923.

Tak mudah mencuri hati publik sepak bola Italia, yang memang dikenal fanatik dalam membela klub maupun wilayah mereka.

Bagi klub di wilayah utara seperti Torino atau Milano, jangankan untuk mendapat simpati dari wilayah selatan seperti Napoli atau Sicilia, untuk mendapat sokongan dari wilayah tengah macam Roma atau Firenze saja terbilang sulit.

Namun, Juve berhasil menggapainya. Juve jelas terbantu sosok Agnelli, bos produsen mobil FIAT, yang berlokasi di Turin.

Kala itu, FIAT menjadi salah satu perusahaan yang mampu memberikan penghidupan layak bagi para buruh pekerja. Terutama para imigran yang datang dari wilayah paling selatan Italia.

Baca Juga:

FIAT, yang secara tak langsung adalah entitas bisnis penyokong Juventus, diibaratkan sebagai seorang kekasih yang mampu memberikan kenyamanan. Mereka mampu memberikan kenyamanan berupa pekerjaan bagi mereka yang mendambakan kehidupan yang layak bagi keluarganya.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.