Kisah Buffon yang Nyaris Berseragam Lazio

By Nugyasa Laksamana - Jumat, 21 Oktober 2016 | 05:45 WIB
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, melakukan pemanasan sebelum melakoni laga Grup H Liga Champions kontra Olympique Lyon di Stade de Lyon, Prancis, 18 Oktober 2016.
PHILIPPE DESMAZES/AFP
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, melakukan pemanasan sebelum melakoni laga Grup H Liga Champions kontra Olympique Lyon di Stade de Lyon, Prancis, 18 Oktober 2016.

Sejak 2001 hingga kini, Gianluigi Buffon sukses menjaga statusnya sebagai kiper utama Juventus. Namun, ternyata Buffon nyaris berseragam Lazio sebelum bergabung ke Juventus.

Saat merekrut Buffon dari Parma, Juventus perlu mengeluarkan biaya mencapai 53 juta euro (Rp 754 miliar). Angka itu menjadikan Buffon sebagai kiper termahal dunia.

Namun, sebelum resmi menjadi bagian dari Juventus, Buffon rupanya sempat diminati oleh FC Barcelona, AS Roma, dan Lazio.

Menurut sang agen, Silvano Martina, Lazio menjadi klub yang paling serius membidik Buffon. Ketertarikan Lazio disampaikan langsung oleh pelatihnya kala itu, Dino Zoff.

Zoff, yang notabene adalah kiper tim nasional Italia yang menjuarai Piala Dunia 1982, mengaku kagum dengan bakat Buffon.

"Zoff pernah ingin membawa Buffon ketika masih di Parma," ujar Martina kepada Radio Incontro Olympia, Kamis (20/10/2016).

"Dia (Zoff) mengatakan belum pernah melihat kiper yang kuat, bahkan melebihi dirinya. Roma dan Barcelona juga mendekati Buffon sebelum dia ke Juventus," tutur Martina.

Meski begitu, pilihan Buffon ke Juventus tak keliru. Di Turin, Buffon sukses merengkuh prestasi manis di ajang domestik, yakni meraih tujuh scudetto, dua Coppa Italia, dan lima Supercoppa Italiana.

Sejauh ini, Buffon telah menorehkan 590 penampilan bersama Juventus. Dari seluruhnya, Buffon sanggup menjalani 274 laga tanpa kebobolan.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Radio Incontro Olympia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.