Formasi Starter Barcelona Berubah-ubah Kecuali Busquets

By Sabtu, 1 Oktober 2016 | 08:35 WIB
Sergio Busquets tengah mengejar bola dalam pertandingan La Liga melawan Deportivo Alaves di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, 10 September 2016.
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Sergio Busquets tengah mengejar bola dalam pertandingan La Liga melawan Deportivo Alaves di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, 10 September 2016.

Sergio Busquets menjadi personel FC Barceona 2016-2017 yang nyaris tak tersentuh kebijakan rotasi ala pelatih Luis Enrique. Dalam sembilan laga perdana Barca di semua kompetisi musim ini, Busquets hanya sekali absen menjadi starter, yakni di partai melawan Leganes.

Penulis: Sem Bagaskara

Di laga melawan Leganes, Enrique memainkan skema 3-4-3 yang tak membutuhkan pivot seperti Busquets. Ketika 4-3-3 digeber, bisa dipastikan nama Busquets ada di susunan sebelas pemain awal Barca.

Apa yang terjadi kepada Busquets bertolak belakang dengan situasi di sebelah kanan dan kiri gelandang bernomor punggung 5 itu. Busquets nyaris selalu berganti partner karena Enrique begitu doyan membongkar pasang kombinasi gelandang luar timnya.

Dalam kondisi normal, Ivan Rakitic dan Andres Iniesta tetap menjadi favorit Enrique untuk mengapit Busquets di sektor tengah.

Namun, musim ini Enrique juga telah memercayakan pos gelandang sentral luar kepada nama-nama seperti Denis Suarez, Andre Gomes, sampai Arda Turan yang biasanya menjadi bagian trio penyerang.

"Setiap pemain mampu bermain di dua posisi dan ketika laga berjalan mereka bisa berganti peran," tutur Enrique di L'Esportiu.

Kemenangan telak 5-0 atas Sporting Gijon (24/9) menunjukkan kekayaan sumber daya Enrique di sektor gelandang luar.

Arda Turan, yang musim ini baru sekali mentas di posisi tersebut, tampil apik dengan mengukir satu gol dan assist.

Pilihan gelandang luar Enrique sebenarnya kian melimpah jika turut menghitung Sergi Roberto dan Rafinha. Cuma, dua orang itu malah belum pernah mentas sebagai gelandang luar, yang notabene merupakan posisi natural mereka.



Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA No.2.702

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X