FIFA Pekerjakan Legenda Sepak Bola Belanda

By Nugyasa Laksamana - Sabtu, 24 September 2016 | 08:02 WIB
Legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten, menyaksikan laga kualifikasi Piala Eropa 2016 antara Belanda dan Islandia di Stadion Arena, Amsterdam, 3 September 2015.
JOHN THYS/AFP
Legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten, menyaksikan laga kualifikasi Piala Eropa 2016 antara Belanda dan Islandia di Stadion Arena, Amsterdam, 3 September 2015.

Legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten (51), kini memiliki peran baru. Ia baru saja ditunjuk oleh FIFA untuk bekerja di bagian Pengembangan Teknis.

Sebelumnya, Van Basten merupakan asisten dari pelatih tim nasional Belanda, Danny Blind. Jabatan itu ditanggalkan Van Basten demi mengabdi kepada FIFA.

Dalam peran barunya tersebut, Van Basten bertugas mengawasi bidang teknis, seperti inovasi teknologi sepak bola dan wasit.

"Sebuah kehormatan besar bagi saya bisa diangkat untuk menjalani tugas ini," kata Van Basten seperti dikutip situs resmi FIFA, Jumat (23/9/2016).

"Saya sangat bangga memiliki kesempatan bekerja di FIFA, yang notabene adalah rumah sepak bola dunia. Semoga saya bisa memberikan kontribusi agar sepak bola tetap menjadi olahraga nomor satu di dunia," ucap dia.

Van Basten diangkat atas inisiatif sang presiden, Gianni Infantino. Van Basten yang merupakan eks pesepak bola, dinilai pantas untuk menangani persoalan teknis FIFA.

Saat masih aktif bermain, Van Basten tercatat hanya memperkuat dua klub profesional, yakni Ajax Amsterdam (1981-1987) dan AC Milan (1983-1992).

Berbagai prestasi pernah direngkuh oleh Van Basten, mulai dari gelar juara Eredivisie, scudetto, Piala Champions (Liga Champions), Piala Super Eropa, dan Piala Interkontinental.

Ia juga sempat menjadi pelatih utama Belanda selama empat tahun, tepatnya pada 2004-2008. Dalam kurun waktu tersebut, Van Basten membawa Belanda menang 35 kali, 11 imbang, dan enam kalah.

"Kita harus menghargai, melindungi, dan mengembangkan sepak bola. Marco (Van Basten) tak cuma seorang legenda, tetapi juga ahli yang luar biasa," ujar Infantino.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : FIFA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.