Akhir Karier Keane di Timnas Irlandia

By Jalu Wisnu Wirajati - Kamis, 25 Agustus 2016 | 11:46 WIB
Robbie Keane memutuskan mundur dari gelanggang internasional pada 31 Agustus 2016.
MIGUEL MEDINA/AFP
Robbie Keane memutuskan mundur dari gelanggang internasional pada 31 Agustus 2016.

 Robbie Keane memutuskan mundur dari gelanggang sepak bola internasional. Kapten tim nasional Irlandia itu akan menjalani pertandingan terakhirnya pada pekan depan. 

Pertandingan persahabatan antara Irlandia dan Oman di Dublin pada Rabu (31/8/2016) bakal menjadi laga pamungkas Keane berseragam The Boys in Green.

"Merupakan pengalaman luar biasa bermain berseragam Irlandia selama 18 tahun sejak melakoni debut pada 1998," kata Keane dalam pernyataan resminya seperti dilansir BBC.

Keane melakoni debut internasional pada Maret 1998, empat bulan sebelum dirinya tampil di Piala Eropa U-18. Setelah itu, dia tampil 145 kali dan mencetak 67 gol di level tim nasional senior.

"Saya menikmati semua itu. Merupakan sebuah kebanggaan juga buat saya dan keluarga mendapat kepercayaan sebagai kapten tim selama lebih dari 10 tahun," tuturnya lagi.

Dengan jumlah gol dan penampilan yang dibukukannya itu, Keane memegang rekor untuk pemegang penampilan dan jumlah gol. Hal itu membuatnya bangga.

"Sebagai anak kecil yang besar bermain sepak bola di jalanan Dublin, hal itu melebihi impian terliar saya. Ini merupakan perjalanan luar biasa," ujar dia.

"Kata-kata tak bisa mengungkapkan seberapa bangganya saya sebagai orang Irlandia. Bermain untuk Irlandia mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan saya," ucap Keane.

Piala Eropa 2016 menjadi kesempatan terakhir Keane tampil di turnamen antarnegara. Namun, kenangan terbaik dia adalah ketika menjebol gawang Jerman yang dijaga Oliver Kahn dan belum pernah kebobolan di Piala Dunia 2002.

"Mencetak gol pada Piala Dunia 2002 di Ibaraki merupakan salah satu memori luar biasa bagi saya. Atmosfer, adrenalin, dan dukungan besar suporter malam ini bakal selalu saya ingat," kata mantan pemain Tottenham Hotspur ini.



Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : BBC

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X