Pol Espargaro dkk Pertahankan Gelar Suzuka 8 Hours

By Nugyasa Laksamana - Minggu, 31 Juli 2016 | 20:29 WIB
Pebalap Yamaha Tech3 asal Spanyol, Pol Espargaro, menunggu di garasi pada sesi latihan bebas kedua GP Qatar di Sirkuit Losail, Jumat (18/3/2016).
MIRCO LAZZARI/GETTY IMAGES
Pebalap Yamaha Tech3 asal Spanyol, Pol Espargaro, menunggu di garasi pada sesi latihan bebas kedua GP Qatar di Sirkuit Losail, Jumat (18/3/2016).

Pebalap MotoGP dari tim Yamaha Tech3, Pol Espargaro, kembali menjuarai Suzuka 8 Hours bersama tim Yamaha Factory Racing Team di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (31/7/2016).

Tahun lalu, Espargaro menjadi jaura bersama Katsuyuki Nagasuka dan Bradley Smith. Pada edisi 2016, Smith digantikan oleh pebalap Kejuaraan Dunia Superbike asal Inggris, Alex Lowes.

Tim Yamaha mengawali balapan dari pole position setelah mencatatkan waktu tercepat pada Top 10 Trial, Sabtu (30/7/2016), yakni 2 menit 6,258 detik.

Peluang tim Yamaha untuk menjuarai Suzuka 8 Hours kian terbuka menyusul kerusakan teknis mesin motor tim Musashi RT Harc-Pro yang diperkuat juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden, pada lap ke-74.

Tanpa Musashi, Espargaro dkk mendapatkan perlawanan dari Team GREEN (Akira Yanagawa, Kazuki Watanabe, dan Leon Haslam) dan tim Yoshimura Suzuki Shell Advance (Takuya Tsuda, Joshua Brookes, dan Noriyuki Haga).

Baca Juga:

Memasuki tiga jam terakhir balapan, Espargaro dkk masih berada di posisi terdepan. Sementara itu, tim Yoshimura dan Team GREEN bersaing memperebutkan posisi runner-up.

Tim Yamaha terus memimpin ketika para pebalap sudah menyalakan lampunya, pertanda matahari mulai terbenam. Mereka sudah tak terbendung lagi kala balapan menyisakan waktu 10 menit.

Pebalap terakhir tim Yamaha, Lowes, melaju tanpa gangguan dan akhirnya finis di urutan pertama. Selama delapan jam, tim Yamaha menyelesaikan 218 putaran dan masuk pit stop 7 kali.

Team GREEN dan Yoshimura tetap bertahan di posisi ke-2 dan ke-3. Sementara itu, Musashi RT Harc-Pro yang diperkuat Hayden, harus puas finis di urutan ke-64.

Adapun Satu HATI Honda Team Asia yang hanya diperkuat dua pebalap yakni Dimas Ekky Pratama (Indonesia) dan Muhammad Zaqhwan Zaidi (Malaysia), menuntaskan balapan dengan finis di urutan ke-8.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X