Ratchanok Intanon Bebas dari Tuduhan Doping

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 18 Juli 2016 | 15:10 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri Thailand, Ratchanok Intanon (tengah), menunjukkan surat dari BWF yang menyatakan dirinya bebas dari tuduhan doping pada konferensi pers di Bangkok, Thailand, Senin (18/7/2016).
LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP PHOTO
Pebulu tangkis tunggal putri Thailand, Ratchanok Intanon (tengah), menunjukkan surat dari BWF yang menyatakan dirinya bebas dari tuduhan doping pada konferensi pers di Bangkok, Thailand, Senin (18/7/2016).

Pebulu tangkis tunggal putri Thailand, Ratchanok Intanon, dinyatakan bebas dari tuduhan penggunaan doping oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) setelah menggelar rapat dengar pendapat di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (16/7/2016).

Dengan begitu, Intanon bisa mengikuti turnamen kembali, termasuk Olimpiade Rio 2016, Agustus mendatang.

"Menjadi mimpi saya untuk tampil di Olimpiade. Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya," kata Intanon dalam konferensi pers di Bangkok yang dikutip Bangkok Post, Senin (18/7/2016).

"Saya selalu yakin kalau tidak bersalah. Saya tidak membuat kesalahan apa pun," tuturnya.

Intanon sempat mendapat penangguhan bertanding dari BWF terhitung sejak 13 Juli ini setelah Badan Anti Doping Dunia (World Anti Doping Agency/WADA) merilis sampel urine miliknya mengandung zat triamcinolone acetonide.

Baca Juga:

Penemuan zat terlarang yang termasuk kelas glucocorticoid ini terjadi saat WADA mengambil sampel urine Intanon pada ajang Piala Thomas dan Uber di Kunshan, China, 15 Mei lalu.

Triamcinolone acetonide masuk daftar doping WADA sejak 2014 jika dikonsumsi lewat oral (diminum), pembuluh darah,  intramuscular (pemberian ke dalam otot) atau rektum (melalui dubur).

Intanon diketahui menggunakan triamcinolone acetonide tidak dengan cara-cara tersebut. Zat yang berfungsi sebagai anti-inflamasi itu masuk ke dalam tubuh Intanon dengan cara intratendinos atau hal yang masih diperbolehkan.

Cara yang digunakan untuk menangani cedera lutut Intanon pada awal tahun ini masih diperbolehkan WADA.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Bangkok Post, BWF Badminton


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.