Nike Seret Juventus ke Meja Hijau

By Anju Christian Silaban - Senin, 18 Juli 2016 | 08:11 WIB
Seragam Juventus yang dikenakan Gianluigi Buffon pada musim 2012-2013.
GIUSEPPE CACACE/AFP
Seragam Juventus yang dikenakan Gianluigi Buffon pada musim 2012-2013.

 Juventus diseret ke meja hijau menyusul tuntutan yang dilayangkan perusahaan perlengkapan olahraga asal Amerika Serikat, Nike.

Menurut laporan sejumlah media Italia, Minggu (17/7/2016), Pengadilan Jenewa mewajibkan Juventus membayar ganti rugi sebesar 2 juta euro (sekitar Rp 28,9 miliar) kepada Nike. Jumlah tersebut tergolong ringan karena Nike awalnya menuntut 80 juta euro (sekitar Rp 1,15 triliun).

Ganti rugi tersebut didasari pelanggaran klub berjulukan I Bianconeri terhadap kesepakatan kedua belah pihak. Juventus dan Nike sempat terikat kontrak dari 2003 hingga 2013.

Salah satu pelanggaran menyangkut polemik tiga bintang yang menandai 30 Scudetto. Lantaran dua gelar Juventus dicopot, kedua belah pihak memilih mencantumkan kalimat "30 di atas lapangan" di bawah logo klub.

Akan tetapi, Nike justru menemukan bahwa Juventus mengizinkan penjualan merchandise tidak resmi yang menyertakan tiga bintang. Oleh karenanya, mereka memutus kontrak dua tahun lebih cepat dari rencana awal dan membawa kasus ini ke pengadilan.

Baca Juga:

Kasus dengan Nike tidak dibantah oleh Juventus. Namun, klub asal Turin itu mengklarifikasi beberapa poin melalui pernyataan resminya, Minggu.

"Jumlah yang dibayarkan jauh di bawah 2 juta euro," bunyi pernyataan Juventus.

"Ganti rugi ini juga tidak berkaitan dengan slogan '30 di atas lapangan', yang justru memberikan keuntungan komersial kepada Nike dan itu diakui oleh hakim," demikian pernyataan klub.

Setelah pemutusan ikatan kerja sama dengan Nike, Juventus memilih Adidas sebagai sponsor untuk seragam. Bersama perusahaan asal Jerman itu, I Bianconeri merengkuh Scudetto ke-30 pada 2015-2016.

[video]http://video.kompas.com/e/5030211046001_v1_pjuara[/video]


Editor :
Sumber : La Gazzetta dello Sport, Corriere dello Sport, Juventus


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X