Pebasket Muda China Bakal Ikuti Jejak Yao Ming di NBA

By Anju Christian Silaban - Senin, 18 April 2016 | 18:01 WIB
Pebasket Cina, Zhou Qi (putih), coba melewati Wu Tai Hao dari Taiwan pada partai ASian Games di Samsan World Gymnasium, 25 Desember 2014.
INDRANIL MUKHERJEE/AFP
Pebasket Cina, Zhou Qi (putih), coba melewati Wu Tai Hao dari Taiwan pada partai ASian Games di Samsan World Gymnasium, 25 Desember 2014.

China berpeluang memiliki pebasket ketiga di kompetisi NBA. Dia adalah Zhou Qi yang berstatus sebagai pemain Xinjiang Flying Tigers.

Dilaporkan Tencent Sport, Zhou masuk NBA Draft untuk 2016 nanti. Bahkan, pebasket berusia 20 tahun ini disebut sudah berlatih di Amerika Serikat.

Ketertarikan NBA tidak lepas dari penampilan impresif Zhou bersama Xinjang pada musim 2015-2016. Sebagai center. dia mencatatkan rata-rata 15,8 poin, 9,8 rebound, dan 3,2 blok.

Kehadiran Zhou bisa mengakhiri puasa pebasket China di NBA sejak 2012, ketika Yi Jianlian memutuskan hengkang. Sebelum Yi, ada Yao Ming yang berseragam Houston Rockets selama sembilan musim.

Kabar ini disambut publik Cina dengan membuat hashtag "Fire up, Zhou Qi!" di Weibo. Menurut Daily Mail, topik ini sudah disaksikan lebih dari 14.000 kali hingga Senin (18/4/2016) pagi waktu setempat.

Sikap berbeda justru ditunjukkan manajemen Xinjiang. Presiden Hou Wei tidak setuju melepas Zhou ke NBA.

"Kami meyakini bahwa waktunya tidak tepat untuk dia. Namun, Zhou ingin mencoba," tutur Hou kepada Beijing Times.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Daily Mail


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X