Jebolan Primavera Meniru Jejak Bierhoff dan Rijkaard

By Minggu, 17 April 2016 | 10:47 WIB
Yeyen Tumena, saat diwawancara BOLA, Senin (11/4/2016).
FERNANDO RANDY/BOLA/JUARA.NET
Yeyen Tumena, saat diwawancara BOLA, Senin (11/4/2016).

Yeyen Tumena merupakan mantan penggawa tim nasional Primavera yang telah mencicipi pengalaman berkarier sebagai staf pelatih di skuat timnas senior.

Penulis: Martinus Raya Bangun/Ferry Tri Adi

Peran itu bermula dari sebuah kebijakan yang dicetuskan Joko Driyono pada kisaran tahun 2013. Kala itu, Joko masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PSSI.

Ketika ditemui di sela-sela kegiatan Managers Meeting Indonesia Soccer Championship A di Park Lane Hotel, Jakarta, Senin (11/4), Joko berujar bahwa kebijakan tersebut ia contoh dari beberapa federasi sepak bola Eropa.

"Saya coba menerapkan apa yang dilakukan Jerman dan Belanda kala mengangkat Oliver Bierhoff dan Frank Rijkaard sebagai staf pelatih di timnas masing-masing. Sebenarnya tidak hanya khusus untuk mantan pemain Primavera, tapi seluruh mantan pemain timnas," ujar Joko.

Namun, program tersebut tak berjalan mulus.

Penyebabnya, pada periode tersebut, sepak bola nasional tengah diguncang isu dualisme kepengurusan (PSSI dan KPSI) dan dualisme timnas.

Bahkan semenjak kisruh PSSI-Kemenpora melanda di awal tahun 2015 dan Joko tak lagi menjabat sebagai Sekjen PSSI, kebijakan itu tak lagi berlanjut.

Tak Mulus

Ketika ditemui Tabloid BOLA, Senin (11/4), Yeyen mengaku masih ingat betul soal pengalamannya berkarya di level timnas.

Hanya, ia juga menuturkan bahwa kesempatan berharga itu gagal berujung maksimal.

"Kebetulan kala itu, saya menjadi bagian dari High Performance Unit (HPU) Badan Tim Nasional. Jadi, saya punya data statistik seluruh pemain di Indonesia. Namun, program timnas tak berjalan mulus karena dualisme," ujar Yeyen.

Pada era tersebut, pemainpemain terbaik di Tanah Air memang sempat terbelah menjadi dua tim.

Barulah saat Indonesia memasuki masa transisi terkait peleburan LPI-LSI dan PSSI-KPSI, Yeyen didaulat untuk menopang tugas Jacksen F. Tiago (timnas senior) dan Rahmad Darmawan (timnas U-23).

"Justru saat masa transisi itulah saya lebih banyak berperan karena Jackson dan RD masih disibukkan dengan tim masing-masing (Persipura dan Arema)," ujar Yeyen.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.662


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.