Kompas TV Akan Tayangkan Copa America 2016

By Weshley Hutagalung - Selasa, 12 April 2016 | 09:14 WIB
Timnas Cile berhasil menjuarai Copa America 2015 dengan mengalahkan Argentina lewat adu penalti 4-1 di Santiago, Cile, pada 4 Juli 2015.
NELSON ALMEIDA/AFP
Timnas Cile berhasil menjuarai Copa America 2015 dengan mengalahkan Argentina lewat adu penalti 4-1 di Santiago, Cile, pada 4 Juli 2015.

Stasiun Kompas TV dipastikan akan menayangkan kejuaraan Copa America 2016 yang merupakan perayaan ke-100 tahun kejuaraan sepak bola negara-negara Amerika Selatan tersebut.

Copa America Centenario. Begitu nama kejuaraan yang biasa dikenal sebagai Copa America itu. Sejak digelar pada 1916, kejuaraan yang sesungguhnya ditujukan untuk peserta kawasan CONMEBOL tersebut akan memasuki edisi ke-45.

Pada kejuaraan terakhir yang digelar tahun lalu, Cile sukses sebagai tuan rumah sekaligus juara untuk pertama kali.

Lalu, kenapa Copa America edisi ke-45 ini hanya berselang setahun dari kejuaraan sebelumnya? Momentum 100 tahun setelah edisi perdana dijadikan alasan.

Pemilihan tempat penyelenggaran di 10 lokasi di Amerika Serikat juga membuat kejuaraan edisi ini semakin unik. Amerika Serikat bukan tim anggota zona CONMEBOL melainkan CONCACAF, yakni Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia.

Penyelenggaran turnamen spesial ini sudah memastikan 10 timnas anggota CONMEBOL akan berpartisipasi di Copa America Centenario 3-26 Juni 2016, ditambah enam anggota CONCACAF, yakni Amerika Serikat, Meksiko, Kosta Rika, Jamaika, Haiti, dan Panama.

Seratus tahun lalu, tepatnya 2-17 Juli 1916, Argentina menjadi tuan rumah pertama Copa America. Tiga peserta lain adalah Cile, Uruguay, dan Brasil.

Lewat tiga pertandingan yang dilakoni keempat peserta, Uruguay berhasil menjadi tim terbaik berkat dua kemenangan dan sekali seri.

Dalam 44 edisi Copa America sejak digelar 1916, delapan dari 10 anggota CONMEBOL berhasil menjadi juara. Hanya Ekuador dan Venezuea yang belum berhasil mengangkat trofi.

Di deretan juara Copa America, Uruguay menjadi yang terbaik dengan koleksi 15 gelar juara. Cile muncul di dereten sebagai terkini tim juara pada 4 Juli 2015.



Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : juara.net

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X