Adam Johnson Dipenjara 6 Tahun

By Ferril Dennys Sitorus - Kamis, 24 Maret 2016 | 20:59 WIB
Pesepakbola Adam Johnson tiba di pengadilan Bradford Crown Court, Inggris, Rabu (2/3/2016). Ia dinyatakan bersalah dalam kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur yang terjadi pada Januari 2015.
PAUL ELLIS/AFP
Pesepakbola Adam Johnson tiba di pengadilan Bradford Crown Court, Inggris, Rabu (2/3/2016). Ia dinyatakan bersalah dalam kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur yang terjadi pada Januari 2015.

Mantan pemain Sunderland, Adam Johnson, dijatuhi sanksi 6 tahun penjara oleh pengadilan, Kamis (24/3/2016).

Johnson dipenjara karena melakukan pelecehan seksual kepada anak di bawah umur. Januari 2015, dia terbukti merayu dan mencium perempuan penggemarnya yang baru berusia 15 tahun.

Pemain sayap berusia 28 tahun itu beberapa kali menyangkal telah melakukan tindakan tak terpuji itu. Namun, pada 2 Maret 2016, pengadilan menjatuhi vonis bermasalah kepada Johnson atas tindakannya pada 30 Januari 2015.

Pada pengadilan yang dilangsungkan Kamis ini, juri Jonathan Rose mengatakan bahwa tindakan Johnson itu telah memberikan tekanan psikologis kepada korban.

"Semua hal itu merupakan kesalahan dan tanggung jawab Anda," ujar Rose kepada Johnson seperti dilansir dari The Guardian.

Air muka Johnson tak menunjukkan perubahan emosi saat jaksa menjatuhkan dakwaan. Dia juga diharuskan membayar biaya peradilan sebesar 50.000 poundsterling.

Hukuman 6 tahun penjara itu lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut Kate Blackwell. Dia menyebutkan Johnson pantas dihukum 10 tahun penjara.

Berdasar laporan di pengadilan, Johnson pertama kali bertemu korban pada 30 Januari 2015. Saat itu, korban meminta Johnson untuk menandatangani kostum sepak bola miliknya.

Dalam pernyataan tertulisnya, korban Johnson merasa bahwa tengah menjalani periode terberat dalam hidupnya.

Pada awalnya, dia merasa bertemu pemain idolanya. Namun, setelah bertemu, dia justru merasa diperalat dan “dijatuhkan” oleh Johnson.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : kompas.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.