4 Pemain Cedera, United Harus Ubah Formasi

By Suryo Wahono - Sabtu, 18 April 2015 | 01:49 WIB
Para pemain Manchester United dalam latihan terakhir.
Manutd
Para pemain Manchester United dalam latihan terakhir.

Nasib kurang baik mendera Manchester United. Louis van Gaal mengonfirmasi bahwa empat pemain andalannya bakal absen dalam pertandingan melawan Chelsea, Sabtu (18/4). Michael Carrick, Daley Blind, Phil Jones, dan Marcos Rojo cedera. Hanya Carrick yang tampaknya mungkin diturunkan, seperti dijelaskan Louis van Gaal di MUTV.

Keempat pemain tersebut punya peran krusial dalam rangkaian kemenangan United belakangan ini.

"Itu bagian dari hidup dalam sepak bola," kata pelatih asal Belanda itu.

Dalam empat pertandingan terakhir, Tim Setan Merah hanya membuat dua perubahan, mengganti Chris Smalling dengan Marcos Rojo sebagai starter saat melawan Aston Villa, lalu mengembalikan urutan Smalling seusai tugas timnas saat melawan City.

Tim inti dengan komposisi: De Gea, Valencia, Jones, Smalling, Blind, Mata, Herrera, Carrick, Young, Fellaini, dan Rooney telah menjadi paket utama buat Van Gaal, setelah berbulan-bulan mencari keseimbangan.

Namun, dengan absennya Michael Carrick, Phil Jones, Daley Blind, dan Marcos Rojo dari laga penting akhir pekan ini, Louis van Gaal kini menghadapi krisis lini pertahanan dan mungkin harus kembali ke formasi 3-5-2 seperti Januari lalu.

Gary Neville sempat mengungkap bahwa formasi tersebut membuat United lamban dan kurang agresif dalam mencipta peluang.

Problem utama LvG saat ini adalah ketersediaan bek berpengalaman. Dia cuma punya Smalling lantaran Jonny Evans masih menjalani masa skorsing akibat meludahi Papiss Cisse saat melawan Newcastle.

Ada pemain dari tim junior, Paddy McNair dan Tyler Blackett, yang sempat merasakan laga tim senior awal musim ini. Tapi, performa terakhir McNair tidak cukup memberi harapan, dia ditarik keluar di babak pertama saat kalah 2-1 di markas Swansea, Februari lalu, sementara Blackett hanya diturunkan selama 26 menit pada Desember lalu.

Pilihan untuk tiga bek adalah McNair, Smalling, dan Blackett atau empat dengan komposisi Antonio Valencia, McNair/Blackett, Smalling, dan Luke Shaw dipasang di bek kiri.

Di tengah juga ikut bermasalah lantaran kedua gelandang bertahan mengalami cedera, tapi Robin van Persie sudah kembali, sehingga ada pilihan memasang dua striker.

Dengan absennya Carrick dan Blind, posisi mereka mungkin diambil alih oleh Fellaini atau Rooney 'dikembalikan' sebagai gelandang.

Bila bukan menggunakan formasi 3-5-2, Man. United mungkin juga memakai formasi 4-5-1 atau 4-4-2 dengan mengandalkan Angel di Maria di belakang striker utama.

Berikut ini salah satu kemungkinan formasi United:



Editor : Suryo Wahono
Sumber : Berbagai sumber

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X