VIDEO Penangkapan Sejumlah Pejabat FIFA di Zurich

By Anju Christian Silaban - Kamis, 3 Desember 2015 | 14:16 WIB
Mobil yang digunakan Kepolisian Swiss untuk menggiring sejumlah pejabat FIFA keluar dari Hotel Baur au Lac, Zurich, Kamis (3/12/2015).
Dok. New York Times
Mobil yang digunakan Kepolisian Swiss untuk menggiring sejumlah pejabat FIFA keluar dari Hotel Baur au Lac, Zurich, Kamis (3/12/2015).

Pihak berwenang Swiss, berdasarkan laporan New York Times, menangkap sejumlah pejabat FIFA di Hotel Baur au Lac, Zurich, Kamis (3/12/2015).

Polisi Swiss mulai memasuki hotel sekitar pukul 6 pagi waktu setempat. Seorang manajer hotel juga meminta tamu di lobi untuk pergi dengan alasan situasi ekstrem.

Presiden Concacaf Alfredo Hawit dan Presiden Conmebol Juan Angel dikabarkan masuk dalam daftar pejabat FIFA yang ditangkap. Hawit mejabat sebagai presiden interim karena Jeffrey Webb terlebih dahulu ditangkap pada Mei 2015.

Hawit, Angel, dan pejabat FIFA lainnya ditangkap atas dugaan korupsi dan pencucian uang dalam 20 tahun terakhir. Pada Mei, enam anggota Eksekutif FIFA juga ditangkap di hotel yang sama.

Baca juga: Maradona Menghina Blatter dan Platini

Department of Justice (DoJ) atau Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) dikabarkan akan memberikan pernyataan di Washington terkait penangkapan ini, Kamis.

Dugaan korupsi di tubuh FIFA turut menyeret nama Presiden Sepp Blatter, Sekretaris Umum Jerome Valcke, dan Wakil Presiden Michel Platini. Komite Etik FIFA telah menonaktifkan ketiganya sejak Oktober 2015 demi memuluskan investigasi oleh Kejaksaan Swiss (OAG).

Ada dua kasus yang melibatkan Blatter. Salah satunya, Blatter diduga melakukan pembayaran disloyal kepada Platini sehingga merugikan FIFA.

Hukuman skorsing juga menjegal laju Platini untuk mencalonkan diri sebagai Presiden FIFA untuk pemilihan yang dilakukan pada Februari 2016. 

Baca juga: Durasi Hukuman Blatter dan Platini Bisa Lebih Lama


Editor :
Sumber : Guardian, New York Times


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.