Titisan Buffon: Dongeng Lama Media Italia

By Sabtu, 21 November 2015 | 08:01 WIB
Gigio Donnarumma, pantang terlena dengan status sebagai titisan Gigi Bufffon.
Getty Images
Gigio Donnarumma, pantang terlena dengan status sebagai titisan Gigi Bufffon.

Gianluigi Buffon (37 tahun) melakoni debut Serie A pada 19 November 1995. Kala itu, pada usia 17 tahun Buffon muda tampil membela Parma di partai kontra Milan.

Milan akan kembali menjadi saksi bagi pencapaian penting Buffon yang kini berseragam Juventus. Duel Juventus vs Milan di pekan ke-13 Serie A 2015/16 (21/11) hanya berselisih dua hari dari peringatan 20 tahun karier Buffon di kasta teratas sepak bola Italia.  

Pria yang akrab disapa Gigi itu juga punya kesempatan menyaksikan langsung aksi kiper belia Milan, Gianluigi Donnarumma (16), yang kini digadang-gadang sebagai titisannya.

"Idola saya adalah Buffon. Mimpi saya adalah tampil reguler di tim utama dan mengikuti jejaknya," kata Donnarumma di La Gazzetta dello Sport.

Donnarumma tanpa disangka-sangka muncul sebagai salah satu pemain terbaik Milan musim ini. Opta mencatat pemuda berpostur 197 cm itu punya rasio penyelamatan terbaik kedua di Serie A 2015/16.

Namun, Donnarumma tak boleh terlena lantaran label sebagai titisan Buffon adalah dongeng lama yang berulang-ulang diceritakan oleh media Italia.

Rasio penyelamatan Gigio, panggilan akrab Donnarumma (84,6 persen), hanya kalah oke dari penjaga gawang Internazionale, Samir Handanovic (86,3 persen). Soal catatan kebobolan, Donnarumma kini juga sudah mengungguli sang idola.

Gigio cuma dua kali memungut bola dari gawangnya dalam empart partai Serie A (0,5 kebobolan per gim) sementara Gigi Buffon sudah 10 kali kemasukan dalam 11 partai (0,90).

Bukan hal yang aneh jika Adriano Galliani (CEO Milan) sampai Carlo Ancelotti kompak membaptis Donnarumma sebagai titisan Buffon.

Aksi hebat Donnarumma bersama Milan musim ini memang layak diapresiasi mengingat tak banyak kiper di bawah usia 21 tahun yang sudah "mengotori" sarung tangan mereka di kompetisi kelas atas.

Mungkin hanya Pau Lopez (20 tahun/Espanyol) dan Predrag Rajkovic (20/Maccabi Tel-Aviv) yang rutin mentas sebagai starter. Pau akrab dengan atmosfer La Liga sementara Rajkovic sudah mencicipi kompetisi sekelas Liga Champion.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.