Barca Cari Ketenangan Sebelum Ke Jepang

By Caesar Sardi - Rabu, 28 Oktober 2015 | 18:51 WIB
Munir El Haddadi, bisa memimpin lini depan Barcelona.
Maxim Malinovsky/AFP
Munir El Haddadi, bisa memimpin lini depan Barcelona.

20 Desember.

Sebagai wakil zona Eropa, Barcelona berhak masuk langsung dari babak semifinal. Fase ini baru mentas pada 17 Desember.

Barca diperkirakan sudah meninggalkan Catalan menuju Yokohama tiga atau empat hari sebelum laga. Mereka membutuhkan aklimatisasi dan adaptasi terbaik buat menjadi juara.

Keberangkatan Barca mengikuti PD Klub 2015 mengganggu jadwal partisipasi mereka di putaran IV Copa del Rey 2015/16. Undian telah dilakukan sekitar pertengahan pekan lalu dan Barca dipertemukan dengan CF Villanovense.

“Sebuah kebahagiaan besar bagi Villanovense bisa berhadapan dengan juara LC, juara Copa del Rey, dan juara La Liga sekaligus!” tutur Presiden Villanovense, Jose Maria Tapia, di situs Barca.

“Di sisi lain, kami hanya tim semenjana di Segunda B. Sungguh sebuah tantangan luar biasa,” kata Villanovense lagi.

Sebetulnya, sama dengan pertandingan lain, jadwal pertemuan Barca dengan tim asal Segunda B Division alias kasta ketiga di piramida Spanyol itu digelar pada 2 dan 16 Desember.

Namun, karena partisipasi Luis Suarez cs. di PD Klub 2015, RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol) memajukan duel pertama kedua tim.

Barca bakal bertandang ke Romero Cuerdo, markas Villanovense yang hanya berkapasitas empat ribu bangku, pada Rabu (27/10).

Pertemuan kedua Barca kontra klub asal Kawasan Otonomi Extremadura itu baru dihelat 2 Desember.

Situasi yang sama terjadi pada Real Madrid setahun lalu. Sebagai juara bertahan LC 2013/14, Madrid juga ikut berpartisipasi di PD Klub 2014.

Jadwal babak IV Copa del Rey 2014/15 Madrid pun ikut mundur. Madrid memanfaatkan situasi itu guna menyingkirkan perlawanan Comella dengan skor agregat 9-1.

Madrid lantas berangkat ke Maroko dengan perasaan tenang, melakoni penampilan bagus di PD Klub 2014, serta membawa pulang trofi juara keempat dalam kurun satu tahun setelah Copa del Rey 2013/14, LC 2013/14, dan Piala Super Eropa 2014.

Seleksi Awal

Barca bisa mengemuliasi alias mengulangi pencapaian Los Blancos. Menang dengan skor masif di duel pertama akan membuat perasaan anak asuh Luis Enrique ini lebih tenang menuju duel kedua di Camp Nou, yang jadwalnya berdekatan dengan keberangkatan ke Jepang.

Seperti sebuah rutinitas, Enrique biasa memainkan para personel akademi dan pemain pelapis di ajang Copa del Rey, terutama saat masih di fase awal.

Tak terkecuali di partai nanti. Bocah-bocah La Masia semodel Aitor Cantalapiedra, Gerard Gumbau, Wilfried Kaptoum, dan Sergi Samper ikut latihan bareng tim utama Barca sejak awal pekan ini.

Tak mustahil nama-nama ini diturunkan sejak menit pertama laga. Mereka bisa menemani personel pelapis Barca yang lebih dulu tampil rutin belakangan ini seperti Sandro Ramires dan Munir El Hadaddi.

Terlebih para bintang seperti Lionel Messi, Rafinha, Sergi Roberto, dan AndresIniesta masih belum bisa merumput.

Plus potensi sanksi buat Javier Mascherano, Enrique jadi punya peluang menyusun sebuah set lini tengah baru.

Masche dikartu merah langsung saat Barca bersua Eibar pada akhir pekan lalu. Ia berpotensi dikenai sanksi empat pertandingan.

Apabila sanksi dijatuhkan, otomatis pria Argentina itu akan absen di el clasico menghadapi Madrid (21/11). Barca langsung mengajukan banding

“Kami harus membela pemain yang memang tak berniat untuk menghina siapa pun,” kata Wakil Presiden Barca bidang Olah Raga, Jordi Mestre, di situs klub.

Tanpa Masche, Enrique butuh susunan pemain baru di lini tengah, mengingat ia kehilangan sejumlah pemain di posisi itu.

Menjadikan partai nanti sebagai semacam audisi awal pengganti Masche jelas satu keputusan yang baik.

Penulis: Rizki Indra Sofa


Editor :
Sumber : Harian BOLA, Rabu 28 Oktober 2015


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.