Schweinsteiger Murka Dibuat Boneka Tentara Nazi

By Firzie A. Idris - Kamis, 22 Oktober 2015 | 17:24 WIB
Boneka Bastian Schweinsteiger
net
Boneka Bastian Schweinsteiger

Gelandang Manchester United, Bastian Schweinsteiger, menyiapkan tim pengacara untuk menuntut sebuah perusahaan mainan di Cina yang membuat boneka dirinya dalam seragam tentara Nazi dan diberi nama Bastian.

Rangkaian boneka tentara Bastian itu mengenakan bermacam-macam seragam dan persenjataan, lengkap dengan lambang elang dan swastika yang menjadi simbol Nazi pimpinan Adolf Hitler.

Pada salah satu boneka, terlihat figur mirip pemain timnas Jerman itu mengenakan pita yang diberikan kepada para prajurit yang ikut terlibat dalam penyerangan ke Rusia pada musim dingin 1941.

"Pahlawan sepak bola kami Bastian Schweinsteiger seorang tentara Nazi!" begitu tulis harian Bild dengan nada marah.

Penurut produsen mainan tersebut, mereka tak sengaja mengambil figur yang mirip Schweinsteiger. Sebuah perusahaan Belanda telah mengikat kontrak untuk memasarkan boneka tersebut dengan harga sekitar 1,3 juta rupiah. Namun tampaknya pemasaran tersebut kini menjadi terkendala setelah tim pengacara Schweinsteiger turun tangan.

"Kami tidak berniat untuk membuat tokoh seorang pesepak bola. Kesamaan wajah itu murni hanya kebetulan. Figur ini dibuat berdasarkan tipikal orang Jerman. Kami percaya kebanyakan orang Jerman memiliki wajah seperti ini dan Bastian adalah nama yang sangat umum di Jerman," ujar Patrick Chan, perwakilan dari perusahaan DiD yang berada di belakang produksi boneka tersebut.

Menurut pengacara Jerman, Ulrich Amelung, figur Schweinsteiger dengan mengenakan seragam berlambang swastika adalah sebuah pelanggaran berat terhadap hak asasi pemain berusia 31 tahun itu.


Editor :
Sumber : The Standard


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.