Selebrasi Gila Ala San Marino ke Gawang Lithuania

By Verdi Hendrawan - Rabu, 9 September 2015 | 06:14 WIB
Selebrasi gol Matteo Vitaioli ke gawang Lithuania.
Dok. Sky Sports
Selebrasi gol Matteo Vitaioli ke gawang Lithuania.

Meski kalah 1-2 dari tuan rumah Lithuania di babak kualifikasi Piala Eropa 2016, Rabu (9/9/2015), tetapi San Marino sempat berpesta dengan sebuah selebrasi gol yang cukup gila di tengah pertandingan. Hal ini disebabkan oleh gol bersejarah yang dicetak gol Matteo Vitaioli di Vilniaus LFF Stadionas.

Lithuania berhasil menang berkat gol Fedor Cernych pada menit ketujuh dan Lukas Spalvis (90+2'). Sedangkan satu gol balasan San Marino dicetak Matteo Vitaioli pada menit ke-55.

Meski kembali menelan kekalahan, akan tetapi pertandingan tersebut sangat bersejarah bagi San Marino. Pasalnya sebiji gol Vitaioli itu berhasil menghentikan kebuntuan negeri kecil di tengah-tengah Italia itu dalam menjaringkan bola ke gawang lawan di laga tandang dalam 14 tahun terakhir!

Vitaioli yang berhasil mencetak gol melalui eksekusi tendangan bebas itu sontak disambut gembira seluruh pemain dan jajaran ofisial tim. Selebrasi gol tersebut juga bagaikan perayaan sebuah tim saat menjuarai sebuah turnamen.

Para pemain, ofisial, dan pemain cadangan San Marino berhamburan ke tengah lapangan pertandingan untuk menyambut gol tersebut. Meski menurut regulasi pertandingan hal tersebut sangat tidak dibenarkan, akan tetapi tim berjuluk La Serenissima dengan rangking FIFA 193 itu tampak tidak peduli dan meluapkan kegembiraan mereka.

Terakhir kali San Marino berhasil mencetak gol di kandang lawan di ajang resmi terjadi pada 25 April 2001 saat menahan imbang Latvia dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2002 dengan skor 1-1 berkat gol Nicola Albani. Sedangkan kemenangan terakhir La Serenissima terjadi di laga persahabatan kala menjamu Liechtenstein pada 28 April 2004.

Setelah pertandingan itu, dalam 66 pertandingan internasional terakhir San Marino belum pernah lagi meraih kemenangan. La Serenissima merasakan 65 kekalahan dan satu hasil imbang saat menahan Estonia tanpa gol di kandang sendiri pada 16 November 2014 dalam pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa 2016.

Berikut cuplikan gol Vitaioli ke gawang Lithuania beserta selebrasi gila San Marino:



Editor : Verdi Hendrawan
Sumber : juara.net

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X