Keahlian Ini Bikin Rudy Eka Melatih di Bahrain

By Firzie A. Idris - Minggu, 2 Agustus 2015 | 19:03 WIB
Dokumentasi Rudy Eka Priyambada

Sangat jarang ada pelatih Indonesia yang dapat berkarier di luar negeri. Jika ada pelatih yang mampu melakukan itu, tentu dia memiliki keunggulan. Itulah yang dimiliki Rudy Eka Priyambada, setidaknya di mata klub Al Najma, Bahrain.

Rudy Eka menandatangani kontrak satu tahun dengan Al Najma pada Sabtu 1 Agustus 2015. Ia dikontrak sebagai asisten pelatih tim utama Al Najma dan sebagai Direktur Teknik Pengembangan Pemain Muda Al Najma. Al Najma adalah klub Divisi Dua Liga Bahrain.

Apa yang membuat seorang pelatih muda asal Indonesia dapat berkarier di Bahrain? Padahal, Rudy Eka belum pernah mendapat banyak kesempatan melatih di klub Indonesia. Ingat juga, kualitas sepak bola Bahrain ada di atas Indonesia. Kemenangan mereka 10-0 atas timnas pada Februari 2012 menjadi salah satu bukti.

Apa keistimewaan pelatih berusia 32 tahun itu?

Sebelum mengungkap apa kestimewaan Rudi Eka di mata orang Bahrain, ada baiknya mengulas sedikit tentang kunci masuknya bekas asisten pelatih Mitra Kukar itu ke Timur Tengah.

Jawabannya adalah Rudy Eka memiliki jaringan yang bagus di Asia. Tanpa jaringan itu, sulit rasanya buat Rudy Eka bisa berkarier di luar negeri.

Rudy Eka memiliki jaringan bagus di Asia karena ia pernah mengikuti program kursus kepelatihan Future Asia yang diadakan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada 2011-2012. Rudy Eka mengikuti program itu karena mendapat beasiswa dari AFC.
Di program Future Asia itulah Rudy mengenal pelatih kepala Al Najma, Ali Asoor.

Percuma saja jika memiliki jaringan bagus tetapi tidak memiliki kelebihan. Nah, kelebihan itu yang membuat Rudy Eka bisa berkiprah di Bahrain mulai Agustus 2015.

Salah satu kelebihan Rudy di mata Ali Asoor adalah dalam menganalisis pertandingan.

"Saya mendatangkan Rudi karena saya mengenalnya ketika mengikuti program kepelatihan Future Asia. Saya melihat kemampuan dan kapabilitasnya sebagai pelatih dapat membantu kami di Bahrain," kata Ali Asoor di akun Facebook Rudy Eka.



Editor : Riemantono Harsojo
Sumber : -

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X