RETRO: Klose Berlabuh di Allianz Arena

By Caesar Sardi - Rabu, 22 April 2015 | 19:28 WIB
Miroslav Klose, dibeli seharga 12 juta euro.
Adam Pretty/Getty Images
Miroslav Klose, dibeli seharga 12 juta euro.

Keinginan Miroslav Klose akhirnya terpenuhi. Setelah melalui negosiasi panjang nan berliku, striker berusia 29 tahun itu kini resmi menjadi milik Bayern Muenchen.

Rumor tentang rencana Klose angkat kaki dari Werder Bremen telah berembus sejak beberapa bulan silam. Namun, ia enggan mengakuinya. Sementara itu, manajer Bremen, Klaus Allofs, menegaskan bahwa Muenchen tidak bakal mendapatkan top scorer Piala Dunia 2006 dengan lima gol itu musim ini. Bahkan Allofs tak segan memasang label not for sale terhadap Klose.

Well, rupanya Allofs sudah bosan membicarakan masa depan Klose. Apalagi penampilan sang ujung tombak sepanjang musim 2006/07 juga jauh dari kesan memuaskan.

Klose hanya membukukan 13 gol di ajang Bundesliga. Pada musim sebelumnya, ia mampu menyumbangkan 25 gol. Kekecewaan Allofs bertambah setelah Klose tidak lagi menjadi pilihan utama tim nasional Jerman.

Performa Klose menurun drastis pada enam bulan terakhir. Gairahnya seakan menghilang sehingga ia “dimusuhi” rekan setimnya, baik di dalam maupun di luar lapangan. Fakta tersebut menjadi alasan cukup kuat bagi Allofs untuk melepas Klose.

Di sisi lain, Muenchen berharap bisa mengembalikan talenta Klose yang sempat hilang dengan cara memasangkannya bersama Lukas Podolski, striker yang juga kelahiran Polandia.

Transfer 12 Juta Euro

Pada awalnya Bremen mematok harga 15 juta euro atas Klose. Namun, Muenchen menolak dan hanya mau mengeluarkan dana sepuluh juta euro.

Setelah menjalani negosiasi panjang, akhirnya Muenchen bersedia membayar 12 juta euro, sekitar 146,6 miliar rupiah, plus tiga juta euro andaikan FC Hollywood sukses meraih gelar juara musim depan.

Pertanyaannya adalah setinggi apa prestasi yang bakal diraih skuad arahan pelatih Ottmar Hitzfeld itu musim 2007/08. Rasanya titel juara Bundesliga dan DFB-Pokal saja tidak akan cukup untuk menyenangkan hati para suporter dan petinggi klub.

Muenchen wajib menorehkan prestasi di turnamen Eropa. Jika tidak, kedatangan Luca Toni, Franck Ribery, Ze Roberto, Jose Ernesto Sosa, Marcell Jansen, Jan Schlaudraff, Hamit Altintop, dan Klose akan berujung sia-sia. Klose sudah menandatangani kontrak untuk merumput di Allianz Arena selama empat tahun dan bakal mengikuti sesi latihan pertama Muenchen pada Jumat ini. Ribuan pendukung klub dipastikan akan datang tepat pada pukul sepuluh pagi untuk melihat idola baru mereka.

Kita tunggu saja apakah Muenchen mampu menguasai Eropa dengan skuad barunya.

(Penulis: Michael Dickhauser)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 29 Juni 2007, BOLA Edisi No. 1.1736


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.