FA Irlandia Tak Akan Pilih Sepp Blatter

By Suryo Wahono - Rabu, 27 Mei 2015 | 21:18 WIB
Politik seputar pemilihan calon presiden FIFA kian memanas.
Ilustrasi
Politik seputar pemilihan calon presiden FIFA kian memanas.

Federasi Sepak Bola Irlandia mengklaim mereka akan memilih untuk melawan Sepp Blatter dalam pemilihan presiden FIFA, Jumat (29/5), seperti dikatakan oleh Chief Executive John Delaney FA Irlandia (FAI).

Sepp Blatter masih dianggap sebagai kandidat kuat untuk memenangi masa jabatan empat tahun kelima, walau pernah mengatakan bakal mundur pada 2011.

"Terlepas dari klaim-klaim kebaikan yang telah dilalukan selama menjabat, dia (Blatter) harus mengakui bahwa FIFA memiliki citra merek yang yang sangat buruk," kata Delaney kepada BBC Sport.

"Kami tak akan memberikan suara untuk dia."

FA Inggris dan Skotlandia lebih dulu telah menyatakan diri akan mendukung Pangeran Ali Bin Al Hussein dari Yordania, satu-satunya calon penantang dalam pemilihan yang akan diadakan di Zurich itu, setelah penarikan Luis Figo dan Michael van Praag.

Kini, Delaney juga mengatakan bahwa FAI akan mendukung Pangeran Ali, sementara Blatter harus mundur demi "kebaikan".

"Jika ia melakukan hal yang benar dengan sepak bola, yang dia katakan peduli dan mencintai, maka dia harus menyingkir dan membiarkan orang lain maju dan meningkatkan citra," tambah Delaney.

Tak seperti FIFA, menurut Delaney citra UEFA sangat baik. Sebab Federasi Sepak Bola Eropa yang dikelola oleh Michel Platini itu terbuka terhadap masukan anggotanya.

"Saya bisa pergi ke UEFA dan meminta 'dapatkah kita meningkatkan peserta Euro dari 16 tim menjadi 24?' dan telah saya lakukan, mereka memahami hal itu."

"Anda bisa berbicara dengan UEFA soal 13 negara menjadi tuan rumah turnamen 2020. Hal itu dibahas dan dilakukan. Tetapi, di FIFA Anda tidak bisa (seperti itu)."



Editor : Suryo Wahono
Sumber : BBC

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X