RETRO: Bayern Muenchen Cuci Gudang Pemain

By Caesar Sardi - Jumat, 10 April 2015 | 17:03 WIB
Andreas Gorlitz (kiri), salah satu pemain yang di-cucigudang-kan.
Stuart Franklin/Getty Images
Andreas Gorlitz (kiri), salah satu pemain yang di-cucigudang-kan.

Yang namanya cuci gudang selalu saja menarik perhatian konsumen. Program ini kerap menawarkan barang berkualitas dengan harga miring. Hal yang sama juga berlaku dalam program cuci gudang ala Bayern Muenchen.

Tujuh wajah baru bakal menjadi penghuni Allianz Arena musim depan. Jumlah tersebut masih bisa bertambah mengingat saat ini Muenchen lebih royal dalam belanja pemain guna menebus dosa akibat gagal merebut tiket Liga Champion 2007/08.

Artinya penghuni lama pun harus siap terdepak dari skuad arahan pelatih Ottmar Hitzfeld tersebut seperti Andreas Ottl, Christian Lell, dan Andreas Goerlitz. Kondisi itulah yang bakal dimanfaatkan klub-klub Jerman, terutama Wolfsburg.

Pelatih The Wolves, Felix Magath, mengaku bahwa pihaknya siap menampung pemain buangan Muenchen. Apalagi arsitek tim berdarah Puerto Rico-Jerman ini sudah sangat mengenal karakter pemain FC Hollywood setelah hampir tiga tahun menangani klub tersebut.

“Muenchen punya banyak pemain muda berbakat. Melihat kebijakan belanja Muenchen saat ini, bukan tidak mungkin sebagian besar dari mereka akan tersingkir,” ucap Magath seperti dilansir situs SportBild.

“Sungguh tidak bijaksana jika kami menyia-nyiakan kesempatan untuk merekrut pemain-pemain bertalenta tersebut,” lanjut arsitek tim yang dipecat dari Muenchen pada Februari 2007.

Demi mendongkrak prestasi Wolfsburg, pihak manajemen klub telah menetapkan anggaran belanja sebesar 15 juta euro (181,7 miliar rupiah). Akan tetapi, nilai tersebut masih dapat berubah karena hingga kini Wolfsburg telah berhasil meraup sembilan juta euro (109 miliar rupiah) dari hasil penjualan Mike Hanke (Hannover), Andres D’Alessandro (Real Zarragoza), dan Diego Klimowicz (Borussia Dortmund).

Hubungan Baik

Sementara itu, hingga medio Juni, Wolfsburg baru merekrut empat amunisi baru. Duo pemain asal Rumania, Sergiu Radu dan Vlad Munteanu, dibeli dari Energie Cottbus dengan harga 4,7 juta euro (57 miliar rupiah).

Sedangkan Ashkan Dejagah dipinang dari Hertha Berlin dengan status bebas transfer. Begitu pula Daniel Reiche yang diambil dari tim junior Wolfsburg. Di sisi lain, Direktur Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge, menyambut gembira keinginan Magath.

“Sudah bukan rahasia lagi bahwa kami memiliki hubungan baik dengan Direktur VW, Martin Winterkorn dan Felix Magath. Jadi semuanya bisa saja terjadi,” ujar Rummenigge.

Jika beruntung, Wolfsburg juga bisa mendapatkan penyumbang gol terbanyak Muenchen sepanjang Bundesliga 2006/07, Roy Makaay. Striker asal Belanda yang musim lalu membukukan 16 gol ini sadar dirinya terancam kehilangan tempat di skuad utama andai Muenchen berhasil memboyong bomber Werder Bremen, Miroslav Klose.

“Roy Makaay memberitahu kami bahwa ia ingin pindah jika Klose datang dan kami telah menyetujuinya. Hal yang sama juga diungkapkan Roque Santa Cruz,” jelas Rummenigge.

(Penulis: Wieta Rachmatia)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 15 Juni 2007, BOLA Edisi No. 1.732


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.