Melakoni Derbi, Milan dan Inter Pakai Formasi Apa?

By Beri Bagja - Jumat, 21 November 2014 | 22:46 WIB
Roberto Mancini, fleksibel dalam formasi.
Marco Luzzani/Getty Images
Roberto Mancini, fleksibel dalam formasi.

Menjelang hajatan besar derbi Milan pada Minggu (23/11), muncul berbagai wacana mengenai potensi perubahan pola yang akan dipakai Milan dan Inter.

Hingga pekan ke-11, Filippo Inzaghi di Milan 10 kali memakai formasi andalan 4-3-3 sebagai pedoman sebelas awal. Sisa satu partai menjadi jatah pola 4-2-3-1. Lantas, sistem apa yang akan dipakai Inzaghi dalam derbi nanti? “Saya yakin Pippo akan tetap mengandalkan 4-3-3,” kata adik Inzaghi, Simone, yang kini menjabat pelatih tim Primavera Lazio.

Opini tersebut berdasar kuat karena satu-satunya eksperimen Inzaghi memakai pola selain 4-3-3 berakhir tak memuaskan. Milan ditahan tim promosi Cesena 1-1 (28/9). Beralih ke kubu Inter. Dalam sejumlah sesi latihan terakhir, Mancini menerapkan pola 4-3-1-2.

Mayoritas media lokal juga menulis sistem itu yang akan dipakai Mancio untuk melawan Milan. Namun, muncul pula opini lain karena Mancini terkenal fleksibel dalam menerapkan taktik. Selama rezim pertamanya di Inter (2004-2008), ia paling sering menyuguhkan skema 4-4-2 (86 kali), kemudian 4-3-1-2 (48), 4-3-3 (8), 4-2-3-1 (4), dan sisanya variasi pola dengan empat bek lain (6).

“Saya ingin melihat sistem apa yang dirasakan paling cocok oleh para pemain,” ucap Mancio kepada Sky.


Editor : Beri Bagja
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X