Diego Alves Kini Sejajar Canizares

By Indra Citra Sena - Senin, 6 Oktober 2014 | 23:37 WIB
Diego Alves, memiliki keahlian menghentikan tendangan penalti.
Cristina Quicler/AFP
Diego Alves, memiliki keahlian menghentikan tendangan penalti.

7 La Liga 2014/15, Sabtu (4/10).

Kiper berkebangsaan Brasil itu mencatat penyelamatan penalti ke-13 sepanjang kiprahnya di kompetisi sepak bola kasta teratas Negeri Matador.

Aksi tersebut dilakukan Alves pada pengujung babak pertama, tepatnya menit ke-45. Dia harus berhadapan satu lawan satu dengan eksekutor Atletico, Guillherme Siqueira, setelah bek sayap Valencia, Jose Gaya, dianggap wasit melakukan handball di kotak terlarang.

Alves tak gentar. Terbukti, dia sukses menebak arah tendangan sekaligus menggagalkan peluang emas Atletico. Tidak seperti penyelamatan penalti pada umumnya, yaitu menepis bola, pemain berusia 29 tahun itu menangkap si kulit bundar dengan sempurna.

Alhasil, keunggulan 3-1 Valencia tetap bertahan hingga jeda. Bahkan, penyelamatan heroik Alves tampaknya memberikan pukulan telak buat mentalitas bertanding pemain Atletico. Mario Mandzukic dkk. tak bisa lagi menambah gol sampai bubaran.

Berdasarkan laporan As, torehan 13 penyelamatan penalti Alves kini sejajar dengan kiper legendaris Valencia, Santiago Canizares. Dia bersama Canizares berhak menyandang predikat sebagai penghenti tendangan penalti terbanyak sepanjang sejarah La Liga.

Alves telah melangkahi sejumlah kiper-kiper papan atas Spanyol, seperti Andres Palop (12 penyelamatan), Iker Casillas, Cesar Sanchez (11), serta Victor Valdes dan Leo Franco (10).  

Keahlian khusus Alves mementahkan tendangan penalti memang menjadi alasan utama Valencia merekrutnya dari Almeria pada musim panas 2011 silam.

Lebih dari itu, dia sepertinya diproyeksikan sebagai kiper utama Los Ches untuk jangka waktu lima musim ke depan karena pihak manajemen telah memperbarui kontraknya hingga Juni 2019 pada awal musim ini.


Editor : Indra Citra Sena
Sumber : AS


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.