Van Gaal Jelaskan Kenapa Formasi United Berubah

By Suryo Wahono - Kamis, 22 Januari 2015 | 09:09 WIB
Louis van Gaal, berani mengubah formasi di tengah pertandingan.
Getty Images
Louis van Gaal, berani mengubah formasi di tengah pertandingan.

Perubahan formasi Manchester United sempat menjadi bahan perbincangan, baik oleh para pandit maupun pendukung. Kini, Louis van Gaal menjelaskan kenapa dia mengubah formasi United di babak kedua melawan Queens Park Rangers akhir pekan lalu.

Di 45 menit pertama, United memakai formasi tidak populer 3-5-2, sementara para pendukung di tribun terdengar menyanyikan pesan '4-4-2' dan meneriakkan 'serangan serangan serangan', saat tim kesayangan mereka lagi-lagi gagal menciptakan peluang berarti dengan tiga bek.

Namun, Van Gaal kemudian memutuskan untuk mengubah formasi di paruh kedua melawan QPR. Setelah pertandingan, LVG menjelaskan bagaimana dia memutuskan setiap pekan untuk mengatur timnya tergantung siapa lawan yang akan dihadapi.

"Saya sudah tahu bahwa ketika bermain dengan empat gelandang berlian, kita menciptakan lebih banyak peluang, tapi keseimbangan tim melemah. Dan, Anda sudah melihat kami menciptakan peluang, tapi begitu juga dengan QPR. Kami harus memutuskan tiap pekan bagaimana harus bermain," jelas LVG usai laga, seperti dikutip Reuters.

"Tapi dengan sistem lain melawan Tottenham Hotspur, mungkin Anda ingat babak pertama kami menciptakan banyak peluang, mungkin enam atau tujuh lebih lebih banyak dari hari ini, dan kami tidak mencetak gol. Pekan lalu kami adalah tim yang lebih baik, tetapi dalam sepak bola, tidak selalu tim yang lebih baik akan menang."

United akhirnya menang berkat gol di babak oleh pemain pengganti, Marouane Fellaini dan James Wilson, walau Van Gaal kecewa dengan permainan sebelumnya. tapi senang bahwa perubahan formasi berhasil.

"Di babak pertama kami bermain seperti yang diinginkan QPR. Kami melakukan hal yang sama seperti QPR, bermain di udara, bola panjang, dan QPR lebih baik. Di babak kedua, kami mengubah formasi dan itu membantu."


Editor : Suryo Wahono
Sumber : Reuters


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.