Schumacher Dikhawatirkan Koma Selamanya

By Ade Jayadireja - Kamis, 16 Januari 2014 | 15:34 WIB
Michael Schumacher
Getty Images
Michael Schumacher

Sudah 18 hari berlalu semenjak Michael Schumacher mengalami cedera otak dalam kecelakaan di pegunungan Alpen. Hingga saat ini, mantan juara tujuh kali F1 itu masih terbaring di rumah sakit Grenoble, Prancis, dalam keadaan koma.

Lantas muncul kekhawatiran mengenai kondisi Schumacher. Menurut ahli bedah saraf dari University Clinic for Neurosurgery Oldenburg, Andreas Zieger, Schumi bisa saja menghabiskan sisa hidupnya dalam kondisi koma.

"Kita seharusnya tidak berspekulasi di sini. Pada akhirnya, kita berbicara tentang hidup dan mati. Secara teori, koma dapat bertahan seumur hidup," ucap Zieger kepada media Jerman, Focus.

"Cedera otak adalah salah satu cedera paling rumit yang dapat terjadi pada tubuh manusia. Prediksi tentang berapa lama seseorang berada dalam keadaan koma atau potensi komplikasi adalah jarang dapat dipastikan," imbuhnya.

Ahli neurologis dari Cologne, Profesor Gereon Fink, sependapat dengan Zieger.

"Jika lukanya sangat parah sehingga merugikan pasien, maka dia akan lebih lama dalam kondisi koma," katanya.

Schumacher mengalami kecelakaan saat bermain ski di pegunungan Alpen pada 29 Desember lalu. Doa dan dukungan terus dipanjatkan oleh para fan maupun rekan sesama pebalap.


Editor : Ade Jayadireja


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X