Yakin, Caster Semenya Minta Dukungan Dunia untuk Lawan Aturan IAAF

By Agung Kurniawan - Minggu, 17 Februari 2019 | 17:50 WIB
Pelari jarak jauh putri Afrika Selatan, Caster Semenya melakukan selebrasi
Delia
Pelari jarak jauh putri Afrika Selatan, Caster Semenya melakukan selebrasi

JUARA.NET - Peraih medali emas cabang lari 800 meter Olimpiade 2012 London, dan 2016 Rio, Caster Semenya, kini tengah menjadi polemik.

Caster Semenya (28 tahun) tengah dijadikan target oleh Federasi Atletik Internasional (IAAF) yang melarang atlet perempuan dengan hormon testoteron tinggi untuk bertanding pada kelompok putri.

Atlet putri yang akan bertanding di bawah naungan IAAFdengan kadar testoteron tinggi harus bertanding di kelompok putra.

Mereka harus mengambil tindakan medis selama enam bulan untuk kembali menormalkan hormon testoteronnya jika masih ingin bertanding di kelompok putri.

Baca Juga : Barcelona Memang Kerap Menghubungi Neymar, tetapi Ia Takkan Pulang

Baca Juga : Ogah Gabung PSG, N'Golo Kante Lebih Suka Tiga Klub Besar Ini

Larangan yang ditujukan pada Semenya, menurut menteri olahraga Afrika Selatan, Thokozile Xasa, sebagai bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

"Dunia pernah menyatakan apartheid sebagai kejahatan terhadap hak asasi manusia," ucap Xasa, seperti dikutip Juara.net dari BBC.

"Kami sekali lagi memanggil dunia untuk berdiri bersama kami saat melawan apa yang kami yakini sebagai pelanggaran berat hak asasi manusia," ucapnya lagi.

Kasus Semenya akan disidangkan di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) pada Senin mendatang.


Editor : Imadudin Adam
Sumber : BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.