Rencananya Hak Atlet Sedunia Bakal Dilindungi oleh Global Athlete

By Imadudin Adam - Minggu, 17 Februari 2019 | 18:33 WIB
Pesenam asal AS, Gabby Douglas.
Pesenam asal AS, Gabby Douglas.

Penulis: Tjahjo Sasongko

BOLASPORT.COM - Atlet dunia yang pernah bertanding di Olimpiade berencana membentuk sebuah lembaga yang akan melindungi kepentingan atlet sebagai aset utama dalam dunia olahraga.

Global Athlete dibentuk para atlet dunia menyusul adanya skandal doping yang merugikan atlet-atlet Rusia serta kasus pelecehan seksual yang menimpa para atlet senam AS yang dilakukan oleh dokter USA Gymnastics.

Lembaga yang independen ini akan konsentrasi pada kebijakan penanganan kasus doping, kesejahteraan atlet dan hak atlet untuk menerima imbalan atas uang atau hak lainnya dengan tampil di Olimpiade.

"Sekarang sudah tahun 2019 dan sejujurnya, bidang olahraga tertinggal dari sektor kemasyarakatan lainnya untuk melindungi para pelakunya," kata atlet balap sepeda Inggris, Callum Skinner yang merupakan salah satu penggagas.

Skinner, peraih medali emas pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu menyebut para atlet berkentingan terhadap berlangsungnya cabang olahraga yang mereka geluti.

Baca Juga : Ulang Tahun Ke-40, Valentino Rossi Merasa Pantas Dapat Gelar Ke-10

"Namun mereka ingin mendapat kesempatan untuk menentukan masa depan olahraga ini," kata Skinner.

Lembaga ini menunjuk mantan pimpinan badan anti-doping dunia (WADA), Rob Koehler sebagai pimpinan.

Koehler menyebut ini saatnya atlet memiliki peran lebih besar dalam hal pengambilan keputusan.

"Bertahun-tahun atlet selalu terpinggirkan.  Kekhawatiran tentang tidak adanya keikutsertaan mereka harus dihentikan." ucapnya.

"Para atlet menginginkan lingkungan yang sehat dan posisi olahraga yang lebih baik. Karena itulah perubahan harus dilakukan dan saat ini memang sedang berlangsung," kata Koehler.


 
 
 
View this post on Instagram

Raja Jegal yang kerap kali menyulitkan lawan-lawannya. . Tidak ada wakil dari The Big Six!! #premierleague #ligainggris #tackle

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on


Editor : Imadudin Adam
Sumber : Kompas.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X