Ambisi India Jadi Tuan Rumah Olimpiade Terjegal Skandal Penolakan Visa

By Imadudin Adam - Sabtu, 23 Februari 2019 | 21:44 WIB
Pebulu tangkis asal India, Sourabh Verma.
The Hindu/Ratu Raj Konwar
Pebulu tangkis asal India, Sourabh Verma.

Penulis: Tjahjo Sasongko

JUARA.NET - Niat India menjadi tuan rumah Olimpiade sepertinya harus menemui jalan terjal karena skandal penolakan pemberian visa kepada dua atlet tembak asal Pakistan oleh pemerintah India.

Komite Olimpik Internasional (IOC) memang mengancam akan membekukan hak India untuk menjadi tuan rumah ajang olahraga skala internasional sampai masalah ini selesai.

Pemerintah India menolak mengeluarkan visa  buat atlet menembak dan pelatih asal Pakistan yang akan mengikuti kejuaraan dunia menembak yang akan berlangsung di New Delhi.

Penolakan ini menyusul tuduhan India bahwa pemerintah Pakistan terlibat dalam peristiwa  ledakan bom bunuh diri di Kashmir pada 14 Februari lalu yang menewaskan 40 personel militer India.

"Selain tidak bisa menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga internasional, para atlet kita juga terancam tidak bisa ikut dalam kejuaraan olahraga internasional di mana pun," kata Sekretaris Jenderal Aososiasi Olimpik India, Rajeev Mehta.

Baca Juga : LeBron James: Sudah Saatnya LA Lakers Bangkit dari Kesulitan

"Kami akan melakukan pendekatan lagi kepada pemerintah agar persoalan tidak akan berakibat buruk," tambah Mehta.

"Citra negara kami sudah menjadi buruk. Jika persoalan ini tidak menjadi jelas dalam 15 hingga 20 hari, akan ada surat susulan dari IOC."

Tahun lalu, pemerintah India mencanangkan ambisi mereka untuk menjadi tuan rumah beberapa ajang internasional termasuk Youth Olympic 2026, Asian Games 2030 dan Olimpiade 2032 menyusul meningkatnya perekonomian negara tersebut.


Editor : Imadudin Adam
Sumber : Kompas.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.