MotoGP 2019 - Alasan Winglet Andrea Dovizioso Begitu Kontroversial

By Firzie A. Idris - Selasa, 12 Maret 2019 | 18:31 WIB
Penampilan Andrea Dovizioso saat melaju di Sirkuit Losail, Qatar untuk sesi tes pramusim MotoGP 2019.
DOK. DUCATI MOTOR
Penampilan Andrea Dovizioso saat melaju di Sirkuit Losail, Qatar untuk sesi tes pramusim MotoGP 2019.

JUARA.net - Kemenangan Andrea Dovizioso di Sirkuit Losail, Qatar, pada seri perdana MotoGP 2019 akhir pekan kemarin diwarnai kontroversi kencang seputar penggunaaan winglet di bagian bawah motor Ducati sang pembalap.

Winglet yang terletak di bagian depan roda belakang tersebut digunakan Davizioso beserta rekannya, Danilo Petrucci, dan pembalap Pramac, Jack Miller.

Ducati bersikukuh kalau komponen itu digunakan untuk mendinginkan ban.

"Kami tenang karena mengerti bahwa kami mematuhi regulasi," ujar direktur olahraga tim, Paolo Ciabatti seperti dikutip JUARA.net dari Motorsport.com.

"Jika kami beranggapan bahwa elemen ini akan berisiko mendatangkan hukuman, tentu tak akan kami gunakan," lanjutnya.

Baca Juga : Jack Miller Ungkap Detail Kejadian Lepasnya Jok Motor pada MotoGP Qatar

Ducati yakin bahwa mereka mematuhi peraturan yang diedarkan pada awal Maret dari direktur teknik MotoGP, Danny Aldridge, perihal tambahan komponen seperti ini.

Peraturan lama menyebutkan bahwa deflector seperti yang Ducati pakai boleh digunakan di balapan yang diterpa hujan karena fungsi utamanya adalah mengevakuasi air agar meningkatkan keselamatan para rider.

Peraturan baru membuka pintu untuk pemakaian winglet tersebut di balapan kering, dengan alasan bisa mendinginkan ban belakang.

Namun, empat pabrikan, Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia, menantang legalitas winglet yang Ducati dan Miller pakai karena mereka melihat keuntungan aeorodinamis yang diciptakan.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Motorsport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.