Kehebatan Nippon! Medali Olimpiade Tokyo 2020 Dibuat dari Limbah Elektronik

By Imadudin Adam - Minggu, 5 Mei 2019 | 09:14 WIB
Maskot Olimpiade Tokyo 2020
OLIMPIADE TOKYO 2020
Maskot Olimpiade Tokyo 2020

JUARA.NET - Medali Olimpiade dan Paralimpiade 2020 yang bakal digelar di Tokyo bakal dibuat dari limbah elektronik seperti smartphone, kamera digital, laptop, dan masih banyk lagi.

Para pejabat terkait Olimpiade Tokyo 2020 berharap cukup untuk mengumpulkan perangkat elektronik yang nantinya diesktraksi menjadi medali emas, perak, dan perunggu.

Sejauh ini sebanyak 47.488 ton perangkat bekas sudah dikumpulkan pada bulan November 2018 lalu.

Baca Juga : Usai Berpesta Juara Piala Polandia, Egy Maulana Vikri Langsung Berkontribusi pada Kemenangan Lechia Gdansk II

Untuk medali perunggu, target mengumpulkan limbah ini sudah tercapai. Sementara emas baru mencapai 90% dan perak baru dikumpulkan 85%.

"Nantinya semua bahan bakal diesktraksi untuk medali Olimpiade dan Paralimpiade," kata panitia dalam sebuah pernyataan dikutip dari The Guardian.

Konsep seperti ini sejatinya telah diterapkan di Olimpiade sebelumnya misalnya Olimpiade Rio 2016.

Baca Juga : Seperti Juventus, Mantan Klub Striker Persebaya Jadi Juara Liga 8 Kali Beruntun

Di ajang tersebut sekitar 30% medali perak dan perunggu dibuat dari bahan daur ulang.

Tapi di Jepang, menurut panitia, ini merupakan kali pertamanya warga aktif terlibat untuk melakukan donasi demi Olimpiade.


Editor : Imadudin Adam
Sumber : The Guardian


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.