GP Austria - Alasan Formula 1 Tak Mencabut Kemenangan Max Verstappen

By Firzie A. Idris - Senin, 1 Juli 2019 | 14:49 WIB
Max Verstappen (Red Bull) dan Charles Leclerc (Ferrari) berduel sengit dan bersinggungan pada lap-lap akhir GP Austria, Minggu (30/6/2019).
FORMULA 1
Max Verstappen (Red Bull) dan Charles Leclerc (Ferrari) berduel sengit dan bersinggungan pada lap-lap akhir GP Austria, Minggu (30/6/2019).

JUARA.net - Para steward Formula 1 menilai bahwa Max Verstappen tak melakukan kesalahan saat bersinggungan dengan Charles Leclerc dalam perjalanan memenangi GP Austria, Minggu (30/6/2019).

Max Verstappen (Red Bull) dan Charles Leclerc (Ferrari) berduel sengit pada lap-lap akhir GP Austria.

Keduanya sempat bertabrakan roda saat membelok ke kanan di Tikungan 3 yang terletak di puncak bukit dengan tiga lap tersisa, saat Verstappen menikung ke dalam Leclerc.

Para steward pun meneliti insiden tersebut dan mencapai kesimpulan sebagai berikut:

"Mobil 33 (Verstappen) berusaha untuk menyalip Mobil 16 (Leclerc) pada Tikungan 3 lap 69 dengan mengerem lebih telat dari Mobil 16.

"Dalam melakukan itu, Mobil 33 berada di samping Mobil 16 saat memasuki tikungan dan berada dalam kendali penuh mobilnya saat berupaya melakukan manuver overtaning di sisi dalam Mobil 16.

Baca Juga: Finish Podium MotoGP Belanda 2019, Fabio Quartararo Langsung Pegangi Lengan Kanannya

"Akan tetapi, Mobil 33 dan Mobil 16 berupaya untuk melewati tikungan secara bersandingan tetapi jelas bahwa tidak ada tempat cukup bagi kedua mobil untuk melakukan itu.

"Tak lama setelah apex yang telat itu, ketika keluar dari tikungan, ada kontak di antara kedua mobil. 

"Melihat ke totalitas keadaan tersebut, kami tidak berkesimpulan bahwa salah satu pembalap melakukan lebih banyak kesalahan dalam insiden tersebut.

"Kami menganggap ini sebagai racing incident."



Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Formula 1

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X