Resmi Tersangka KPK, Ini Profil dan Rekam Jejak Imam Nahrawi

By Firzie A. Idris - Rabu, 18 September 2019 | 19:22 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menghadiri Indonesian Sport Awards 2018 bersama sang istri
NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menghadiri Indonesian Sport Awards 2018 bersama sang istri

JUARA.net - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dana hibah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada Rabu (18/9/2019).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan bahwa Menpora Imam Nahrawi melalui asisten pribadinya, Miftahul Ulum, diduga meminta commitment fee sebesar Rp26,5 miliar utuk memuluskan proposal dana hibah yang diajukan KONI kepada Kemenpora.

Alex juga mengatakan bahwa kasus ini merupakan pengembangan perkara setelah diadakan  kegiatan tangkap tangan pada Desember 2018 ketika KPK mengamankan uang tunai di kantor KONI sebesar 7,4 miliar rupiah dan menetapkan 5 orang sebagai tersangka.

Sebanyak 2 tersangka telah diputus bersalah oleh Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, 3 masih menjalani proses persidangan.

Baca Juga: BREAKING NEWS - Menpora Imam Nahrawi Resmi Tersangka Kasus Dana Hibah ke KONI

Imam Nahrawi merupakan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia ke-12. Ia ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Oktober 2014 untuk masa bakti 2014-2019.

Ketika itu, ia baru berusia 41 tahun dan dianggap sebagai salah satu menteri muda, profesional, dan memiliki jejaring amat luas.

Imam Nahrawi lahir di Bangkalan, Jawa Timur, pada 8 Juli 1973. Ia mengenyam pendidikan SD, SMP, dan MAN di Bangkalan sebelum melanjutkan kuliah di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Baca Juga: Menpora Imam Nahrawi Diduga Meminta Fee Sebesar Rp11,8 Miliar dan Rp14,7 Miliar

Salah satu anggota aktif Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Imam memulai perjalanan politik dengan masuk ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan menanjak karier hingga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPP partai tersebut.


Editor : Firzie A. Idris


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.