Bos Ferrari Ungkap Alasan Vettel Berhenti Hanya 100 Meter dari Pintu Masuk Pit

By Firzie A. Idris - Senin, 30 September 2019 | 18:58 WIB
Momen ketika mobil pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, mengalami kerusakan mesin dan tidak dapat melanjutkan GP Rusia Minggu (29/9/2019)
TWITTER.COM/F1
Momen ketika mobil pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, mengalami kerusakan mesin dan tidak dapat melanjutkan GP Rusia Minggu (29/9/2019)

JUARA.net - Principal Ferrari, Mattia Binotto, mengatakan kalau Sebastian Vettel hanya mengikuti prosedur keselamatan ketika ia memarkir mobilnya di pinggiran trek ketimbang memaksakan diri menyetir ke pit pada Formula 1 Rusia, Minggu (29/9/2019).

Mobil Vettel mengalami masalah elektronik pada lap pertama setelah ia keluar dari pit.

Virtual safety car lalu diaktifkan ketika ia memarkir mobilnya di Tikungan 15.

Kondisi ini menjadi mimpi buruk bagi Ferrari karena Lewis Hamilton (yang mengambil alih posisi pertama setelah Vettel masuk pit) dapat berganti masuk pit dalam kondisi VSC, sehingga ia tak banyak kehilangan waktu ketimbang kalau berhenti saat balapan berlangsung.

Padahal, VSC tak perlu keluar apabila mobil SF90 Vettel bisa masuk pit lane, yang hanya berjarak 100 meter dari tempatnya berhenti.

Pit stop Lewis Hamilton membuat Charles Leclerc tak bisa menyerang sang juara dunia dan rekannya di tim Mercedes, Valtteri Bottas, hingga akhir balapan.

Pabrikan asal Jerman itu akhirnya mengirim 2 pembalap ke posisi 1-2 di podium di Formula 1 Rusia 2019 untuk pertama kalinya sejak GP Inggris pada pertengahan Juli.

"Sayang sebenarnya, karena Vettel hanya berjarak 100 meter dari pintu masuk pit. Akan tetapi, keputusan telah dibuat demi keselamatan semua pihak," ujar Mattia Binotto, seperti dikutip JUARA.net dari Motorsport Italia.

"Apabila problemnya berasal dari bagian motor lain, mungkin kami bisa memintanya masuk pit. Akan tetapi, Seb mendapat pelatihan agar berhenti secepat mungkin."



Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Motorsport

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X