Motocross, Kunci Marc Marquez Mendominasi Dunia MotoGP

By Firzie A. Idris - Kamis, 14 November 2019 | 15:41 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez saat tampil  pada sesi balapan MotoGP Aragon 2019, Minggu (22/9/2019)
twitter.com/box_repsol
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez saat tampil pada sesi balapan MotoGP Aragon 2019, Minggu (22/9/2019)

JUARA.net - Beberapa orang terdekat Marc Marquez kembali mengungkapkan peran besar motocross dalam membuat pembalap asal Spanyol itu sangat piawai kala menaklukkan lintasan MotoGP.

Menurut mereka, olahraga motocross adalah salah satu kunci Marquez dapat mengendalikan roda depan motor Honda RC213V dengan sangat baik.

Motorsport.com versi Spanyol menekankan bagaimana motor Honda tersebut tidak memaafkan sebuah kesalahan dan harus dikendalikan dengan cara sangat spesifik saat menyerang tikungan.

RC213V mempunyai timing spesifik kapan melepas rem, belok dan menekan gas untuk melepas potensial penuhnya.

Jika tidak, banyak waktu akan hilang dan akan ada bahaya motor terjatuh sehingga membahayakan para rider.

"Titik terkuat dari cara mengendara Marc adalah ia selalu mempunyai kendali akan ban depan," tutur Alex Marquez, adik Marc dan juara dunia Moto2, seperti dikutip JUARA.net dari Motorsport.com.

"Tak hanya itu, hal lebih penting adalah hanya dia yang bisa menemukan titik paling tepat untuk melepas rem dan menekan pedal gas pada setiap lap dalam setiap balapan."

Baca Juga: Jadwal MotoGP Valencia 2019 - Dua Persaingan Kunci di Sirkuit Ricardo Tomo 

Menurutnya, sang kakak bisa sangat presisi dalam bermanuver dengan motornya karena ia piawai dalam dunia motocross. Apalagi, asistennya, Jose Luis Martinez, adalah jawara motocross Spanyol.

"Jose Luis kerap bersaing sengit dengan Marc di motocross," tuturnya.


Editor : Firzie A. Idris


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X