Bukan Persib dan Persija, Persipura Jadi yang Paling Sukes di EraLiga Indonesia

By Imadudin Adam - Rabu, 6 Mei 2020 | 12:20 WIB
Logo Persipura Jayapura.
NDARU GUNTUR/BOLASPORT.COM
Logo Persipura Jayapura.

JUARA.NET - Persepak bolaan Indonesia sejatinya sudah mengalami lika-liku yang luar biasa hingga akhirnya bisa membentuk sebuah liga yang sudah berjalan lebih dari dua dekade.

Sebelum terbentuk menjadi liga yang cukup solid seperti sekarang, Indonesia sejatinya memiliki dua turnamen besar yang berjalan beriringan.

Era Perserikatan muncul lebih dulu di tahun 1931 sebelum disusul bertahun-tahun kemudian oleh era Galatama yang muncul tahun 1974.

Keduanya akhirnya menyatukan diri di tahun 1994 untuk menjadi sebuah liga yang kita kenal sebagai ligina atau Liga Indonesia.

Baca Juga: Hanya Sosok ini yang Mampu Raih 4 Kali Top Skorer Sepanjang Sejarah Liga Indonesia

Baik Perserikatan maupun Galatama resmi berhenti pada tahun 1994 karena penggabungan tersebut.

Dengan penggabungan ini kompetisi makin solid dikarenakan ada banyak sekali tim berkualitas dari kedua era itu.

Di Perserikatan, Persija Jakarta jadi yang paling dahsyat dengan menggondol sembilan kali gelar juara pada 1931, 1933, 1934, 1938, 1954, 1964, 1971-73, 1973-75, 1978-79.

Para pemain Persipura Jayapura melakukan tos sebelum laga kontra Perseru Badak Lampung di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, dalam lanjutan Liga 1 2019, Senin (28/10/2019).
INSTAGRAM PERSIPURA
Para pemain Persipura Jayapura melakukan tos sebelum laga kontra Perseru Badak Lampung di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, dalam lanjutan Liga 1 2019, Senin (28/10/2019).

Sedangkan di Galatama, Pelita Jaya dan Niac Mitra masing-masing mengoleksi tiga gelar juara.


Editor : Imadudin Adam
Sumber : berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.