Aprilia Tidak Cupu Lagi, Aleix Espargaro Hilangkan Status Tim Konsesi MotoGP

By Dwi Widijatmiko - Senin, 2 Mei 2022 | 12:15 WIB
Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, bereaksi di podium sebagai juara MotoGP Argentina 2022 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022).
JUAN MABROMATA/AFP
Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, bereaksi di podium sebagai juara MotoGP Argentina 2022 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022).

JUARA.NET - Finis podium ketiga yang didapatkan Aleix Espargaro di MotoGP Spanyol 2022 resmi membuat Aprilia bukan lagi tim cupu di kelas utama Grand Prix.

Setelah bertarung sengit dengan Marc Marquez dan Jack Miller, Aleix Espargaro berhasil finis ketiga di MotoGP Spanyol 2022, Minggu (1/5/2022) di Sirkuit Jerez.

Keberhasilan Espargaro finis podium itu berarti penting bagi timnya, Aprilia.

Pabrikan asal Noale, Italia, itu resmi tidak cupu lagi karena status sebagai tim konsesi MotoGP dipastikan hilang untuk musim depan.

Tim konsesi adalah tim yang mendapatkan banyak dispensasi supaya bisa bersaing dengan pabrikan top di MotoGP.

Dispensasi itu contohnya bisa memakai sampai 9 mesin untuk satu pembalap, tidak ada batasan pengembangan mesin, dan punya jatah enam pembalap wildcard selama semusim.

Status konsesi biasanya diberikan kepada tim baru atau pabrikan lemah yang tidak mampu finis di podium dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga: Hasil MotoGP Spanyol 2022 - Kuasai 25 Lap, Francesco Bagnaia Raja Baru Sirkuit Jerez

Status cupu itu akan hilang jika tim tersebut mampu mengukir 6 poin konsesi.


Editor : Dwi Widijatmiko
Sumber : Crash.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.