Tak Perlu Ganti 'Gearbox', Sebastian Vettel Selamat dari Ancaman Penalti

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 4 Oktober 2017 | 13:44 WIB
Mobil pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, mengalami kerusakan parah setelah bersenggolan dengan mobil pebalap Williams, Lance Stroll, selepas balapan F1 GP Malaysia (1/10/2017).
TWITTER
Mobil pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, mengalami kerusakan parah setelah bersenggolan dengan mobil pebalap Williams, Lance Stroll, selepas balapan F1 GP Malaysia (1/10/2017).

Ferrari telah mengonfirmasi bahwa gearbox mobil Sebastian Vettel tak perlu diganti. Dengan demikian, pebalap Jerman itu selamat dari ancaman penalti mundur lima posisi start saat balapan GP Jepang pekan ini.

Sebelumnya sempat ada kekhawatiran dari kubu Ferrari bahwa gearbox mobil Vettel perlu diganti karena ditabrak Lance Stroll (Williams) setelah finis balapan GP Malaysia pekan lalu.

Ferrari pun langsung mengirim gearbox mobil Vettel ke markas mereka di Maranello, Italia untuk diperiksa lebih lanjut. Hasilnya, komponen itu ternyata masih bisa dipakai untuk seri berikutnya.

Pengumuman soal gearbox tersebut disampaikan secara resmi oleh Ferrari melalui media sosial Twitter pada Rabu (4/10/2017).

"Gearbox yang dipakai #Seb5 (Vettel) saat GP Malaysia masih bisa digunakan," tulis Ferrari.

Vettel beruntung tak perlu mengganti gearbox. Jika yang terjadi sebaliknya, dia terpaksa menerima hukuman mundur lima posisi start saat balapan GP Jepang di Sirkuit Suzuka akhir pekan ini.

Berdasarkan peraturan Formula 1, setiap pebalap hanya diperbolehkan mengganti gearbox setelah menjalani enam seri balapan.

Saat GP Malaysia, Vettel sudah memakai gearbox baru menyusul insiden yang membuatnya gagal finis pada balapan GP Singapura.

Vettel masih memiliki peluang untuk meraih gelar juara dunia F1 2017. Dia berada di urutan kedua klasemen pebalap dengan perolehan 247 poin, atau terpaut 34 angka dari sang pemuncak daftar, Lewis Hamilton (Mercedes).

Masih ada sisa lima seri balapan yang menjadi kesempatan buat Vettel untuk merebut posisi pertama dari tangan Hamilton yakni GP Jepang, GP Amerika Serikat, GP Meksiko, GP Brasil, dan GP Abu Dhabi.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Scuderia Ferrari


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.