Alasan F1 Ingin Hapus Sesi Latihan Jumat

By Nugyasa Laksamana - Selasa, 24 Oktober 2017 | 16:52 WIB
Managing Director Formula 1 (F1) Ross Brawn saat berada di area paddock Red Bull Ring, Spielberg, Austria, 9 Juli 2017.
GEORG HOCHMUTH/APA/AFP
Managing Director Formula 1 (F1) Ross Brawn saat berada di area paddock Red Bull Ring, Spielberg, Austria, 9 Juli 2017.

Managing Director Formula 1 (F1) Ross Brawn menyatakan bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan untuk menghilangkan sesi latihan (free practice) hari Jumat pada masa mendatang.  

Pada akhir pekan lalu di Austin, Texas, Amerika Serikat, Brawn telah mendiskusikan rencana F1 yang akan menggelar 25 seri balapan dalam setahun.

Solusi yang diambil yakni menghapuskan sesi latihan hari Jumat, sehingga setiap seri hanya menghabiskan waktu 2 hari (Sabtu-Minggu).

Dengan demikian, beban logistik tim peserta berkurang, dan hal itu memudahkan mereka untuk berpindah ke lokasi balapan berikutnya.

"Tentu saja, tim memiliki persoalan logistik yang lebih banyak jika kami menambahkan jumlah balapan," kata Brawn yang dikutip dari Autosport.

"Salah satu hal yang kami soroti adalah format balapan pada akhir pekan. Kami akan melihat lagi apakah kami perlu mengubahnya sehingga mudah bagi tim untuk menjalani lebih banyak seri balap," tutur dia.

Meski demikian, Brawn mengakui gagasan tersebut berbenturan dengan kepentingan bisnis promotor.

Terlebih lagi, pada tahun ini ada beberapa seri balap (grand prix/GP) F1 yang menggunakan format empat hari (dimulai pada hari Kamis).

"Hari Jumat pagi juga sangat penting untuk promotor dan penyiaran. Jadi, kami perlu mencari solusi yang tepat," ujar Brawn.

"Kami akan melihat dulu semua eleman untuk mendapatkan jalan terbaik ke depannya," tutur dia.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.