Rio Haryanto Lakoni Tes Super Formula

By Rara Ayu Sekar Langit - Rabu, 6 Desember 2017 | 13:52 WIB
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, sedang bersiap di pit menjelang sesi latihan bebas pertama GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Jumat (8/7/2016).
MANOR GRAND PRIX RACING LTD
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, sedang bersiap di pit menjelang sesi latihan bebas pertama GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Jumat (8/7/2016).

Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, kembali beraksi di lintasan. Kali ini, Rio mendapat kesempatan untuk melakoni tes Super Formula di Sirkuit Suzuka, Jepang, pada 6-7 Desember.

Aksi Rio ini sempat diabadikan oleh akun Twitter Super Formula dalam bentuk video. Rekaman audio visual berdurasi tujuh detik itu menunjukkan mobil yang dikendarai Rio keluar dari garasi.

Sebelum menjajal mobil Dallara SF14, Rio lebih dulu menjalani seat fitting. Sesi ini merupakan hal wajib dilakukan setiap pebalap yang akan mengikuti tes manufaktur dan rookie.

Dalam sesi tersebut, para pebalap, termasuk Rio, masih belum tampil di lintasan. Mereka harus menyesuaikan ukuran badan terlebih dahulu dengan kursi kokpit serta mengatur posisi pedal.

Sesi seat fitting ini terbilang penting karena akan menentukan kenyamanan setiap pebalap saat berada di balik kemudi.

Tes Super Formula yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari dibagi dalam dua sesi, yakni pagi dan siang. Dalam setiap sesi, masing-masing pebalap memiliki waktu dua jam untuk turun ke lintasan.

Namun, sejauh ini belum ada keterangan lebih lanjut terkait masa depan Rio pada ajang balap Super Formula. Yang pasti, selain Rio, ada 23 pebalap lain yang menjalani sesi tes Super Formula ini.

Pasca-membalap untuk tim Manor Racing pada balapan GP Jerman Formula 1 (F1) 2016, Rio memang belum lagi turun balapan.

September lalu, pebalap 24 tahun tersebut sempat menjajal mobil Formula E alias mobil balap bertenaga listrik. Akan tetapi, tidak ada kelanjutan dari kesempatan tersebut.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.