TOPIK TERPOPULER
Pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, bersiap menjalani balapan seri pembuka Formula 1 (F1) 2018, GP Australia, di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Minggu (25/3/2018).
SAEED KHAN/AFP PHOTO
Pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, bersiap menjalani balapan seri pembuka Formula 1 (F1) 2018, GP Australia, di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Minggu (25/3/2018).

Ungguli Valtteri Bottas, Daniel RIcciardo Menangi Balapan GP China

JUARA.NET - Pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, berhasil memetik kemenangan pertamanya pada Formula (F1) 2018. Ia berhasil menjuarai balapan GP China yang berlangsung di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (15/4/2018).

Pada balapan yang berlangsung dalam 56 putaran itu, Ricciardo sukses mengungguli Valtteri Bottas (Mercedes) dan Kimi Raikkonen (Ferrari).

Sementara itu, sang juara bertahan Lewis Hamilton (Mercedes) hanya finis di urutan keempat. Adapun Sebastian Vettel (Ferrari) di posisi ke-8.

Balapan ini awalnya dikuasai Vettel yang menempati posisi start terdepan, diikuti oleh Raikkonen di urutan kedua.

Bottas kemudian berhasil melakukan manuver di tikungan 1 untuk merih posisi kedua, sedangkan Verstappen naik ke posisi ketiga yang membuat Raikkonen terpaksa melorot ke urutan ke-4.

Vettel terus menjauhi para pesaingnya. Terbukti, saat balapan memasuki putaran ke-7, dia mencatatkan keunggulan waktu 2,6 detik atas Bottas di urutan kedua.

Bahkan, pada putaran ke-13, Vettel terus menajamkan keunggulannya atas Bottas menjadi sekitar 3 detik.

Di posisi ke-5, Hamilton mengeluhkan daya pacu mobilnya. Ia mengaku kesulitan mengejar Raikkonen yang disebutnya tampil agresif.

Hamilton sempat menempati posisi ke-4, tetapi ia melakukan pit stop pada putaran ke-19 yang membuatnya turun kembali ke urutan ke-5.

Rekan setim Hamilton, Bottas, juga melakukan pit stop pada putaran ke-20.

Tak lama kemudian, Vettel pun melakukan pergantian ban. Posisi tiga besar pun akhirnya mengalami perubahan.

Posisi pertama ditempati oleh Raikkonen yang belum melakukan pit stop, sedangkan urutan kedua dan ketiga diduduki Bottas serta Vettel.

Persaingan di antara ketiganya menjadi semakin sengit dan seru, terutama pada putaran ke-27, karena Bottas berhasil menyalip Raikkonen dan merebut posisi terdepan.

Selanjutnya, Raikkonen yang hendak masuk pit stop pertamanya memberikan jalan kepada Vettel untuk menduduki posisi kedua.

Dengan demikian, perebutan posisi pertama tinggal melibatkan Bottas dan Vettel. Keduanya hanya berselisih 0,8 detik saat putaran ke-29.

Pada putaran ke-31, panitia memberlakukan yellow flag akibat insiden di tikungan 14 yang melibatkan dua pebalap Toro Rosso, Pierre Gasly dan Brendon Hartley.

Insiden itu membuat Gasly terpaksa menerima penalti 10 detik karena telah menabrak sang rekan setim.

Pada putaran ke-45, Vettel terlibat insiden dengan Verstappen. Keduanya bersinggungan di tikungan 14.

Insiden tersebut membuat posisi Vettel merosot hingga ke urutan ke-7, dan Verstappen menerima hukuman penalti 10 detik.

Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Ricciardo yang terus memacu mobilnya di urutan keempat.

Ricciardo perlahan memperbaiki posisinya hingga akhirnya berhasil merebut urutan pertama dari Bottas, tepatnya pada putaran ke-46.

Tak terjadi banyak perubahan pada lima putaran terakhir. Ricciardo terus menajamkan catatan waktunya, sekaligus menjauhi kejaran Bottas.

Hingga balapan berakhir, Ricciardo terus memimpin balapan. Selanjutnya, podium kedua dan ketiga diraih Bottas dan Raikkonen.

TOPIK :

Komentar